Scroll to Top

Meluangkan Waktu untuk Tidur Itu Penting

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 01 Oct 2013

tidur

Tidur bukan aktivitas rutin yang seharusnya tidak dianggap sepele. Tidur itu perlu untuk mengistirahatkan tubuh yang lelah. Tubuh ibarat mesin yang akan terus bekerja sepanjang hari selama Anda terjaga. Berbagai bagian tubuh memerlukan masa tenang untuk memulihkan diri. Mulai dari kulit, otot, jaringan, organ tubuh, sampai di tingkat sel segera melakukan proses perbaikan begitu seseorang tertidur. Begitu juga tenaga dalam tubuh kembali terisi. Tidur memberikan kebaikan bagi tubuh secara keseluruhan.

Ada banyak efek kurang baik begitu Anda melalaikan tidur. Tubuh menjadi lemas, mudah terserang sakit, bahkan muncul peradangan pada berbagai bagian tubuh. Salah satu yang akan bermasalah sistem kekebalan tubuh. Ketika Anda melalaikan hak tubuh untuk istirahat, kekebalan tubuh melemah. Hal ini menjadi jalan masuk yang mudah bagi penyebab penyakit untuk membuat kerusakan pada badan Anda. Walhasil kemudian muncul serangan penyakit tertentu.

Selain itu, bila menginginkan gairah seksual yang tinggi, Anda mesti menyukupi kebutuhan tidur. Kurang tidur membuat Anda merasa lelah dan letih. Ini akan membuat libido menjadi menurun. Andaikan dipaksakan untuk bercinta, Anda melakukannya dengan rasa malas.

Dikutip Genius Beauty, masih banyak manfaat dari tidur yang berkualitas. Tahukah Anda? Tidur yang cukup bisa menurunkan berat badan. Pasalnya begitu Anda kurang tidur, maka tubuh menurunkan produksi hormon deptin dan meningkatkan hormon ghrelin. Deptin berkontribusi untuk memunculkan rasa kenyang, sementara ghrelin merangsang tubuh untuk merasa lapar. Oleh karena itu, orang yang kurang tidur lebih cenderung memiliki  nafsu makan lebih besar dibanding yang cukup tidur.

Istimewanya lagi, tidur menjadi obat mujarab untuk mengatasi suasana hati yang sedang kurang nyaman. Anda menjadi lebih optimis dan percaya diri saat kebutuhan tidur tercukupi. Otak Anda ikut menjadi cemerlang untuk diajak berkonsentrasi dan berpikir.

Jadi, kalau Anda bisa meluangkan waktu untuk tidur selama 6-8 jam setiap hari, kenapa harus tidur 4-5 jam sehari? Luangkan waktu Anda untuk cukup tidur hari ini juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda