Scroll to Top

Cara Menyiasati Stres Karena Pekerjaan

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 01 Oct 2013

stres

Tidak sedikit beban yang mesti dipikul ketika Anda bekerja di kantor. Banyaknya tugas yang mesti diselesaikan kerap membuat banyak orang merasa stres. Sampai di rumah pun pikiran tidak tenang mengingat tugas-tugas kantor yang belum kelar. Walhasil sepanjang hari suasana hati cenderung tegang dan tidak bahagia.

Stres di kantor memang harus disiasati agar tidak merampas kehidupan bahagia Anda. Dikutip dari Times of India, beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi stres pekerjaan yaitu sebagai berikut:

  1. Anda harus bisa mengondisikan diri untuk tetap tenang. Rasa tenang membuat Anda lebih mampu berpikir secara jernih terhadap permasalahan yang menjadikan pikiran tertekan. Anda juga terhindar dari kekalutan yang justru merugikan.
  2. Jadwalkan semua agenda pekerjaan yang harus diselesaikan. Dengan mengatur  pekerjaan, maka tidak akan ada yang terlewatkan.  Pekerjaan dapat diselesaikan secara sistematis.
  3. Saat Anda memutuskan untuk lebih profesional terhadap pekerjaan, maka komitmen tersebut sebaiknya diketahui oleh orang lain. Anda bisa menyampaikannya pada keluarga atau teman kantor. Dengan begitu, mereka segera mengingatkan ketika lengah dan mencoba melanggar komitmen. Hal ini menghindarkan Anda dari stres akibat ketidakpatuhan dalam menyelesaikan pekerjaan.
  4. Percayalah pada anggota tim Anda. Seringkali seseorang tidak percaya dengan timnya dan memilih untuk bekerja secara individualis. Akibatnya pekerjaan menjadi menumpuk di satu orang dan membuatnya stres. Bila memang pekerjaan Anda memerlukan kekompakan tim, Anda mesti meyakinkan diri bahwa tim Anda mampu dan bukan malah bekerja sendirian.
  5. Jalin hubungan dengan banyak orang yang memiliki latar belakang berbeda. Saat Anda punya banyak teman dengan kemampuan beragam, akan membantu cara pandang Anda terhadap berbagai hal. Begitu pula ketika Anda terkekang dengan urusan pekerjaan, mereka dapat memberikan solusi yang mungkin tidak Anda sangka sebelumnya sesuai dengan kapabilitasnya masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda