Scroll to Top

BBM for Android dan iPhone Batal Dirilis?

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 02 Oct 2013

BBM Android

BBM for Android dan iPhone yang tak kunjung dirilis menimbulkan tanda tanya besar. Asumsi dan spekulasi pun muncul senada dengan pelbagai alasan yang kerap diberikan Blackberry. Apakah BBM lintas platform batal dirilis?

Ada sebuah dugaan jika pihak konsorsium calon pembeli Blackberry enggan jika Blackberry Messenger kehilangan keeksklusifannya. Diketahui sebelumnya jika Blackberry telah temukan calon pembeli.

Menilik ke belakang, bulan Agustus lalu Blackberry memang memutuskan untuk mencari solusi terbaik bagi perusahaannya. Dan salah satu solusi tersebut adalah opsi penjualan. Adalah Fairfax, calon pembeli pihak konsorsium yang dipastikan bakal memiliki perusahaan asal Kanada itu.

Namun, sebelum opsi itu dilakukan Blackberry telah putuskan strategi untuk melepas BBM ke platform lain. Bahkan itu diputuskan pada bulan Mei lalu. Pun juga Blackberry memang telah jatuhkan kebijakan untuk memisahkan BBM dengan Blackberry. Ini dilakukan agar aset BBM tidak ikut terjual bilamana Blakckberry jadi dijual.

Keberatan Fairfax sah-sah saja mengingat BBM bisa dikatakan sebagai magnet utama pengguna Blackberry sudi gunakan ponsel mungil hitam itu. Jika memang BBM dipersilakan pindah ke ‘lain hati’, lantas apa yang jadi unggulan Blackberry?

Logikanya, masih adanya BBM di Blackberry penjualan ponsel tersebut juga urung temui hasil. Blackberry Z10 pun dinilai gagal. Sang CEO kecewa. Blackberry rugi hingga Rp 10 triliun. Jika BBM jadi ke iOS dan Android, bagaimana penjualan smartphone Blackberry selanjutnya, mungkin bakal kian suram.

Namun, Blackberry masih komitmen untuk membawa BBM ke platform lain. Di kicauan terakhir mereka, 100% dipastikan BBM akan hadir di Android dan iPhone. Tapi mereka enggan berikan kabar pasti kapan akan resmi dirilis.

Jadi, apakah BBM di Android dan iPhone batal dirilis? Kemungkinan itu ada. Dan bisa saja, selang sepekan pasca batalnya perilisan 21 September lalu, Blackberry tak hanya sedang memperbaiki gangguan teknis tapi mereka mungkin juga sedang menimbang-nimbang, apakah jadi ‘hijrah’ ke Android dan iOS. Kita sebagai pengguna hanya bisa bersabar dan menunggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda