Scroll to Top

Windows 7: Pangsa Pasar Terus Meningkat, Windows 8 Lambat

By Ditya / Published on Wednesday, 02 Oct 2013
Windows 8.1 box
Box Windows 8.1

Kabar kehadiran Windows 8.1 tampaknya tidak mampu meningkatkan minat konsumen untuk menggunakan sistem operasi Windows 8. Hal ini terlihat dari lambatnya pertumbuhan pengguna Windows 8. Sebaliknya, sistem operasi Windows 7 masih terus mengalami peningkatan jumlah pengguna.

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, bulan Juni lalu Windows 8 secara mengagetkan berhasil mengalahkan pangsa pasar Windows Vista. Sayangnya, sistem operasi terbaru besutan raksasa perangkat lunak asal Redmond ini harus mengakui keunggulan pendahulunya, Windows XP dan Windows 7.

Bulan September 2013 kemarin, Windows 8 mengalami peningkatan yang cukup lambat untuk ukuran sistem operasi baru, yakni 0,61% saja. Kini Windows 8 menguasai 8,02% pangsa pasar sistem operasi desktop. Sebelumnya, sistem operasi terbaru ini hanya menguasai 7,41% pangsa pasar.

Pertumbuhan pengguna Windows 7 lebih baik ketimbang Windows 8 karena pada bulan September 2013, Windows 7 mengalami peningkatan jumlah penggina hingga 0,80%. Kini sistem operasi Windows 7 masih menjadi sistem operasi desktop paling populer dengan pangsa pasar 46,63%.

Sedangkan Windows Vista yang notabene adalah sistem operasi yang lebih tua dari Windows 7 dan Windows 8 ini hanya menguasai 3,98% pangsa pasar. Seperti yang kita ketahui, Windows Vista dicap sebagai salah satu produk gagal Microsoft.

Bagaimana dengan Windows XP? Sistem operasi yang dirilis pada tahun 2001 ini masih menguasai 31,41% pangsa pasar dan menjadi sistemoperasi terpopuler kedua setelah Windows 7. Sistem operasi Windows XP akan segera berakhir dukungannya pada 8 April 2014 mendatang.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (01/10/2013), sedangkan sistem operasi Linux menguasaio 1,64% pasar dan Apple Mac OS X menguasai 7,53% pasar. Kedua sistem operasi ini memang selalu menjadi minoritas di pasar sistem operasi desktop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda