Scroll to Top

Spam di Media Sosial Meningkat 355% di Tahun 2013

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 02 Oct 2013

Spam

Spam sejak beberapa tahun menjadi musuh utama email. Kinerja penyedia layanan email yang kian membaik, membuat spammer tak kehabisan akal, mereka menyerbu social media. Data terkini, spam di media sosial meningkat 355% di awal tahun 2013.

Sudah jadi budaya jika spam dan email tak bisa dipisahkan. Tak ada akun email yang tak terjangkit spam. Baik pengguna Gmail, Yahoo! Mail, dan layanan email lainnya pasti pernah merasakan ‘keisengan’ spammer.

Tapi kini pelbagai layanan email besar di atas kian membaik. Gmail misalnya, miliki fitur ketat terkait spam. Mereka menklaim mampu hadang spam ke inbox dengan penyaringan yang berlipat ganda.

Menurut data dari Nexgate State of Social Media Spam Report, 1 dari 200 postingan di media sosial adalah spam. Bahkan 5% dari semua aplikasi media sosial adalah spam. Studi yang mereka lakukan menganalisa 60 juta konten pengguna yang berasal dari Facebook, Twitter, Google+, Youtube, serta LinkedIn.

Devin Redmond, CEO Nexgate berujar jika spam di email dan media sosial adalah sama. Berujung ‘bisnis’ bagi spammer. Bahkan, kecanggihan dan diversifikasi serta mekanismenya sendiri kian canggih. Pun juga soal pendistribusiannya.

‘Bisnis’ spam, kata Devin, bernilai jutaan dolar. Di Facebook, lanjutnya, bahkan nilainya mencapai USD 200 juta. Sedangkan spam di media sosial sendiri miliki kekuatan yang sangat berbeda dengan spam di email.

Budaya spam di pesan elektronik dengan menjangkau pengguna satu demi satu. Di media sosial, di satu pengguna saja bisa menyebar ke jutaan pengguna. Ini terjadi karena hadirnya fitur komentar dan berbagi (retweet dan share).

Sedangkan media sosial yang jadi sasaran utama spammer adalah Facebook dan Youtube. Perbandingannya, di dua media sosiall besar ini, 1 dari 100 postingan adalah spam. Pada tahun 2012 lalu Facebook mengamini jika 4% dari seluruh postingan yang ada di FB adalah spam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda