Scroll to Top

PSSI Merugi 10 Miliar Karena Ulah Suporter Timnas Indonesia

By Aditya / Published on Wednesday, 02 Oct 2013

suporter timnas indonesia kembang api

PSSI diperkirakan akan mengalami kerugian paling sedikit 10 miliar rupiah karena ulah suporter Timnas Indonesia. Federasi sepakbola Asia, AFC, memang telah menjatuhkan hukuman kepada PSSI terkait pelanggaran oleh penonton saat Timnas Indonesia menghadapi Arab Saudi di ajang Kualifikasi Pra Piala Asia 2015 beberapa bulan silam.

Sanksi dari AFC itu berupa larangan bagi suporter untuk menyaksikan pertandingan langsung di stadion saat Timnas Indonesia melawan Cina pada tanggal 15 Oktober 2013 dan Irak pada tanggal 19 November 2013 mendatang. Selain itu, AFC juga menjatuhkan denda sebesar 500 juta rupiah.

Lantaran tidak boleh disaksikan langsung oleh penonton, maka PSSI terancam mengalami kerugian minimal 10 miliar rupiah yang berasal dari pemasukan tiket. Sebagai gambaran, saat menjamu Arab Saudi, PSSI meraup keuntungan bersih 5,1 miliar rupiah.

“Di laga melawan Arab Saudi saja kami untung Rp 5,1 miliar,” jelas Joko Driyono, Sekjen PSSI, di Jakarta belum lama ini.

AFC memberikan hukuman kepada PSSI gara-gara sejumlah penonton membuat kekisruhan di dalam stadion, termasuk menyalakan petasan dan kembang api serta melempari para pemain Arab Saudi.

Dengan dijatuhkannya sanksi dari AFC ini, Joko Driyono pun meminta kepada para penonton untuk tidak lagi mengulangi pelanggaran tersebut saat mendukung Timnas Indonesia berlaga di kandang.

“Ini menjadi pelajaran serta evaluasi kami. Kami imbau suporter supaya menjadi lebih dewasa dan menaati aturan selama berada di stadion,” harap Joko Driyono.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda