Scroll to Top

Arsenal Bersiap Kehilangan Robin Van Persie, Theo Walcott, dan Thomas Vermaelen

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 26 Sep 2011

Ancaman untuk Arsenal tidak datang dari luar, melainkan dari skuad mereka sendiri. Apa lagi kalau bukan kekhawatiran dengan niatan klub. Beberapa tahun terakhir, Arsenal lebih mirip sebagai klub “kecil” dengan strategi mereka menjual pemain bintang. Lalu, uang penjualan tersebut digunakan untuk membeli pemain-pemain baru yang “ditetaskan” Wenger untuk dijual lagi.

Sebenarnya, strategi penjualan pemain bintang sudah dari dahulu dilakukan Arsenal. Kita tentu masih ingat bagaimana ketika Nicolas Anelka masih bocah berusia 19 tahun. Kala itu ia meninggalkan Highbury (kandang lama Arsenal) untuk merapat ke Real Madrid. Ada juga sederetan pemain Belanda dan Spanyol yang dibeli Barcelona dan klub-klub besar lain. Misalnya, Emmanuel Petit, Marc Overmars, dan terutama sekali Thierry Henry. Namun, ketika biasanya Wenger diperbolehkan membeli pemain bintang, beberapa tahun terakhir, ia tidak diizinkan demikian lagi.

Entah apa sesungguhnya niatan para petinggi Arsenal. Mereka terus meminta Wenger untuk melakukan pengetatan gaji pemain. Alhasil, bintang-bintang dunia yang ingin bergabung dengan skuad The Gunners berpikir ulang. Untuk apa bergabung dengan klub berfilosofi menyerang dan menghibur kalau gaji perminggu mereka sedikit?

Keadaan ini pula yang kini menghantui anak-anak muda asuhan Arsene Wenger. Awal musim ini, mereka kehilangan mantan kapten, Cesc Fabregas. Mereka juga kehilangan jantung permainan, Samir Nasri. Bintang yang tersisa tinggal Theo Walcott dan Robin Van Persie.

Sayangnya, kedua pemain ini, plus pemain kunci lini belakang seperti Thomas Vermaelen, akan habis masa kontraknya pada 2013. Artinya, tinggal satu setengah musim lagi mereka bermukim. Maknanya pula, tinggal setengah musim Wenger memutuskan akan menjual Van Persie, Walcott, dan Vermaelen atau tidak. Ketiga pemain ini tengah diburu tanda tangannya untuk perpanjangan kontrak, tapi tidak ada jaminan “kesetiaan”.

Hingga saat ini, Van Persie belum berniat memperbarui kontrak. Seandainya Arsenal dan Van Persie gagal bersepakat, bukan tidak mungkin nama-nama lain juga tak mau tanda tangan kontrak mengingat sang kapten saja bersiap hengkang.

Sementara, di tengah masalah intern, Manchester City kembali bersiap menampung anak asuh Wenger. Setelah Kolo Toure, Pattrick Vieira (sekarang pensiun), Gael Clichy, dan terakhir Samir Nasri, klub kaya baru ini mengincar Van Persie. Dana 30 juta poundsterling siap digelontorkan demi penyerang utama timnas Belanda. Akan goyahkah Van Persie?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda