Scroll to Top

Kapan 4G LTE Masuk Indonesia? Kominfo: Harap Sabar

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 02 Oct 2013

4G LTE

Pertanyaan di atas sering diajukan. Sebab, 4G atau Long Term Evolution (LTE) tak urung masuk ke Indonesia. Netizen tanah air sangat menginginkan teknologi komunikasi generasi keempat ini untuk segera direalisasikan.

Sejatinya, menurut Muhammad Budi Setiawan, Dirjen Sumber Daya Perangkat dan Pos Informatika, Indonesia sudah siap dan punya ekosistem yang cukup baik. Secara teknologi pun telah mendukung.

Hanya saja ada benturan alokasi frekuensi. Bukannya pemerintah sebagai regulator tak memberi restu pada operator, tapi kebutuhan yang ada tak bisa dialokasikan dan dipaksakan.

Budi Setiawan menjelaskan, jika LTE digelar di atas frekuensi 1800 MHz. Hanya saja frekuensi tersebut telah dibagi-bagi kepada operator untuk jaringan 2G. Dengan demikian frekuensi 1800 MHz telah padat dan tak bisa dialokasikan lagi.

Masyarakat pun diminta harap sabar akan hal ini. Pemerintah akan lakukan tata ulang namun untuk melakukannya juga tak mudah. Harus ada yang dikorbankan.

Maksudnya, pengguna 4G LTE tidak sendiri. Masih ada pelanggan 2G dan 3G yang bahkan jumlahnya tidak sedikit. Sebagai perbandingan, kata dia, pelanggan Telkomsel yang total mencapai lebih dari 125 juta, sekitar 60 juta di antaranya merupakan pengakses data 2G dan 3G.

Jadi, jika ada pihak yang memaksakan 4G LTE sangatlah tidak tepat. Sebab, kebijakan itu akan menelan korban pelanggan lain. Pemerintah saat ini sangat berhati-hati dalam memutuskan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda