Scroll to Top

Berolahraga di Waktu Luang Efektif Mencegah Hipertensi

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 02 Oct 2013

jogging

Apa yang Anda lakukan di waktu luang? Jika Anda memutuskan untuk mengisinya dengan kegiatan yang menyehatkan tubuh, maka pilihlah untuk berolahraga. Sedikit waktu luang yang tersisa bisa membuat Anda bugar. Satu lagi, menurut studi dari Shandong University School of Public Health di China terungkap, orang-orang yang berolahraga di waktu luang lebih mungkin terhindari dari penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Tidak peduli berapa menit waktu  luang yang tersisa. Selama Anda konsisten mengisinya dengan berlahraga, Anda akan mendapatkan manfaat tersebut. Anda bisa berjalan-jalan di sekeliling lingkungan rumah, senam, jogging, atau mengerjakan tugas rumah yang menuntut bergerak aktif.

” Hipertensi merupakan faktor risiko untuk penyakit kardiovaskular dan ginjal - dengan demikian adalah penting untuk mencegah dan mengendalikan hipertensi,” kata Wei Ma, MD, Ph.D., peneliti yang juga profesor di University School of Public Health Shandong, seperti dikutip Huffington Post.

Dalam studi ini mempelajari kembali 13 studi yang pernah ada sebelumnya. Ada sekitar 136.846 relawan yang terlibat dan berasal dari AS, Eropa, dan Asia Timur. Peneliti melacak data dari dua sampai 45 tahun kemudian tergantung pada studi yang diamati.  Dari situ didapatkan petunjuk awal bahwa lebih dari 15.600 relawan yang mengalami tekanan darah tinggi.

Pada analisa yang lebih dalam, faktor yang membuat mereka mengalami hipertensi adalah terkait pemanfaatan waktu luang. Sementara itu, pada relawan yang diketahui berolahraga empat jam atau lebih dalam seminggu, memiliki 19 persen lebih kecil untuk mengalami hipertensi. Pada mereka yang berolahraga satu sampai tiga jam per minggu, memiliki 11 persen  lebih kecil kemungkinan mendapatkan hipertensi dibanding ang hanya berolahraga kurang dari satu jam per minggu.

” Untuk mencoba menurunkan resiko tekanan darah tinggi , Anda harus berolahraga lebih banyak di waktu luang Anda,” tutur Wei Ma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda