Scroll to Top

Cara Mengobati Jerawat dengan Minyak Cengkeh

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 02 Oct 2013

jerawat

Jerawat yang hinggap di wajah bisa diatasi dengan minyak cengkeh. Minyak esensial dari bunga cengkeh ini kaya dengan minyak atsiri yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Di Indonesia minyak cengkeh lebih mudah ditemukan. Pasalnya, tanaman cengkeh memang banyak terdapat di tanah air.

Khasiat yang dimiliki minyak ini yaitu analgesik, antiinflamasi, antibakteri, antiseptik, dan anestesi. Dalam kasus jerawat, minyak cengkeh akan mengempiskan peradangan sekaligus membunuh bakteri penyebabnya. Sehingga, pengobatan pun menjadi tuntas. Anda juga terhindar dari rasa nyeri karena jerawat.

Memanfaatkan minyak cengkeh di kulit sebaiknya tidak dalam bentuk murni. Cara terbaik adalah menggabungkan satu bagian cengkeh dengan 10 bagian minyak pengencer. Anda bisa menyampurnya dengan minyak zaitun, minyak biji anggur, atau minyak almond sebelum mengoleskannya ke kulit.

Campuran tersebut bisa langsung dioleskan pada jerawat dengan memakai kapas atau jari yang bersih. Setelah itu tunggu minyak meresap ke dalam jerawat dan akhirnya mengering. Minyak tersebut biasanya akan bereaksi dengan cepat untuk mengempiskan dan menyembuhkan jerawat.

Menggunakan minyak cengkeh  harus hati-hati. Dikutip dari Boldsky, alasan berikut ini yang mendasarinya:

  1. Sifat panas yang dimiliki oleh minyak cengkeh membuat kulit terasa terbakar kalau tidak dicampur dengan bahan cair lainnya dalam komposisi tepat. Bahkan, mungkin bisa sampai menimbulkan luka bakar.
  2. Bagi yang tidak kuat dengan minyak cengkeh, reaksi alergi mungkin terjadi. Oleh karena itu, sebelum menggunakan secara luas pada kulit sebaiknya memakai sedikit dahulu di bagian dalam siku untuk melihat reaksi tubuh Anda.
  3. Untuk mengatasi jerawat, pastikan hanya dikenakan pada titik yang berjerawat saja dan pastikan komposisinya sudah tidak terasa terlalu panas di kulit.
  4. Sebaiknya sebelum mengenakan minyak cengkeh, konsultasikan dahulu cara pemakaiannya kepada dokter kulit atau praktisi medis lain. Lebih baik lagi Anda memakainya atas resep dokter.
  5. Sekalipun efektif melawan jerawat, bukan berarti minyak cengkeh menjadi obat pengganti krim kesehatan yang diresepkan oleh dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda