Scroll to Top

6 Penyakit Berbahaya yang Kerap Dialami Wanita

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 02 Oct 2013

pemeriksaan

Ada banyak penyakit yang bisa menjangkiti tiap orang. Namun, di antara penyakit tersebut ada pula yang secara dominan lebih menyerang pada orang dengan jenis kelamin tertentu. Dikutip dari She Knows, wanita berpeluang lebih tinggi untuk mendapatkan penyakit berikut ini dibanding pria. Inilah beberapa contohnya di luar penyakit kanker payudara:

  1. Penyakit jantung. Di antara penyakit yang sering menyerang wanita, penyakit jantung adalah pembunuh nomor  satu di antara mereka. Wanita tidak luput dari penyakit ini disebabkan oleh banyak hal. Contohnya adalah kelebihan lemak di sekitar perut, hipertensi, diabetes, stres, depresi, hingga kolesterol tinggi.
  2. Fibromyalgia. Penyakit ini juga umum menyerang wanita. Penderitanya akan mengalami sakit pada tubuh yang penyebabnya kurang diketahui. Gejalanya adalah nyeri yang meluas pada 11 dari 18 bagian tubuh. Beberapa contohnya adalah nyeri di siku , dada , lutut , punggung bawah , leher , bahu dan paha. Biasanya saat terserang penyakit ini, penderita akan mengalami kelelahan, sulit tidur, sakit kepala, depresi, hingga rasa cemas. Nyeri yang dirasakan dapat menetap sampai tiga bulan lebih.
  3. Polymyositis. Nama penyakit ini mungkin jarang terdengar. Penderitanya mengalami radang otot yang cukup langka. Akibatnya penderita mengalami kelemahan, pembengkakan, nyeri, dan kerusakan jaringan otot. Dan, penyakit tersebut lebih umum dialami oleh wanita.
  4. Lupus. Gajala umum dari lupus adalah nyeri otot, perasaan sangat lelah, nyeri sendi, ruam kulit, sensitif terhadap cahaya, rambut rontoh, dan demam. Sampai saat ini belum diketahui penyebab lupus secara pasti. Gejalanya pun bervariasi pada tiap penderita.
  5. Radang panggul. Penyakit ini memengaruhi rahim, saluran telur, indung telur, dan leher rahim. Dan, penyait tersebut dapat berkembang menjadi penyakit menular seksual seperti gonore atau klamidia. Penyebabnya adalah bakteri. Jika diketahui lebih awal, penanganan dengan makan obat antibiotik mungkin akan segera teratasi. Hanya saja seringkali penyakit ini tidak menampakkan gejala dan diketahui sudah dalam keadaan terlambat. Padahal dalam kondisi parah bisa memicu kemandulan.
  6. Kanker rahim atau ovarium.  Penyakit ini urutan kelima dari jenis kanker yang kerap dialami wanita. Gejalanya nyeri perut, kembung, siklus haid tidak teratur, gangguan pencernaan yang parah, mual, dan muntah. Mendiagnosa kanker ovarium tidak mudah. Namun jika merasakan pendarahan yang tidak biasa, nyeri saat berkencing atau melakukan hubungan seksual, dan nyeri panggul sebaiknya memeriksakan diri untuk melihat kepastian penyebabnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda