Scroll to Top

Google Panda Menyerang: 3 Situs Indonesia Jadi Korban

By Admin / Published on Monday, 30 May 2011

Google Panda atau Panda Update merupakan algoritma Google yang baru. Seperti kita ketahui bahwa Google melakukan index terhadap semua situs yang ada di dunia maya. Lambat laun, semakin banyak situs dengan kualitas konten yang boleh dibilang rendah atau spam yang sering muncul di hasil pencarian.

Untuk mengurangi situs dengan isi yang dipenuhi sampah dan berkualitas rendah, Google beberapa kali telah melakukan update terhadap algoritma pencarian yang digunakan. Sebelum Panda Update dirilis, terlebih dulu Google melakukan uji coba dengan Google Caffeine, sebagai awal penerapan algoritma baru ini.

Setelah dirasa cukup baik dan layak, Google Panda diluncurkan pada akhir Februari 2011. Dampaknya, banyak situs yang mengalami penurunan jumlah pengunjung karena ranking mereka di Google turun drastis. Situs yang menjadi korban kebanyakan merupakan situs Auto Generated Content (AGC) alias situs yang isinya dibuat oleh pengunjung.

Beberapa situs lokal Indonesia menjadi korban. Gresnews, yang pernah dibahas disini, sepengetahuan penulis merupakan korban terbaru. Menurut Ismail Fahmi, founder Gresnews, kemungkinan penyebabnya karena terlalu banyak duplicate content atau konten yang sama persis. Seperti terlihat di grafis di samping, menurut Alexa traffic pengunjung ke situs Gresnews.com turun drastis.

Selain Gresnews, ada lagi situs mesin pencari local Findtoyou.com yang menjadi korban keganasan Google Panda. Yang terakhir, situs pencarian mp3 Index-of-mp3.com sepertinya juga mendapatkan penalti dari Google. Lalu bagaimana caranya agar terhindar dari operasi Google Panda ini? Menurut Google, ada beberapa cara agar tetap bertahan di hasil pencarian Google. Diantaranya hindari memberikan link ke situs lain yang tidak berhubungan dan perbanyak konten original yang bermanfaat bagi pengunjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda