Scroll to Top

Cara Mempertahankan Elastisitas Kulit

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 03 Oct 2013

kulit cantik

Elastisitas kulit adalah kemampuan kulit dalam meregangkan kembali ke posisi semula. Saat elastisitas bekurang, maka kulit terlihat kendur seperti yang terlihat pada orang lanjut usia. Hilangnya elastisitas kulit karena penuaan disebut dengan elastosis. Hanya saja, elastisitas bisa hilang di masa muda. Beberapa faktor pencetusnya antara lain sebagai berikut:

  1. Faktor genetik. Ini adalah faktor terbesar yang pasti akan terjadi pada diri Anda. Jika genetik Anda sudah memutuskan kapan waktu terjadinya kehilangan elastisitas kulit, maka itu akan segera Anda alami.
  2. Sinar ultraviolet (UV). Radiasi UV menyebabkan kulit menjadi keriput dan kulit mejadi lembek. UV juga akan membakar kulit dan memicu terjadinya kanker kulit.
  3. Stres. Tekanan pikiran membuat produksi hormon berjalan tidak seimbang. Banyak bagian tubuh yang bisa terkena imbasnya, termasuk kulit. Ketidakseimbangan hormon salah satunya mengurangi produksi protein yang bertanggungjawab pada elastisitas kulit.
  4. Terlalu banyak mengonsumsi gula. Gula dalam tubuh akan merugikan elastisitas kulit. Kulit menjadi lebih kendur.

Setelah Anda memahami berbagai penyebab hilangnya elstisitas kulit, Anda mesti memahami cara pencegahannya agar kulit selalu kencang. Cara yang bisa Anda lakukan sebagai berikut:

  1. Gunakan krim vitamin C dan E. Vitamin ini dapat menjaga produksi kolagen di tubuh Anda. Jangan lupa konsumsi buah dan sayur yang kaya dengan dua vitamin tersebut.
  2. Hindari sinar matahari dan pakai tabir surya. Hal ini akan mencegah sinar UV menembus lapisan kulit dan merusaknya.
  3. Minum banyak air. Air akan memelihara sel-sel tubuh sehingga mencegahnya dari kekusaman dan pengeriputan.
  4. Tidak mandi dengan air panas. Mandi air panas akan merusak dan mengeringkan kulit Anda.
  5. Pakai produk pelembab yang baik. Sesuaikan dengan jenis kulit Anda agar kulit senantiasa lembab.
  6. Olahraga dengan teratur. Olahraga akan meningkatkan elastisitas kulit, sekaligus melancarkan peredaran darah dan menetralisasi racun tubuh.
  7. Konsumsi makanan berprotein, buah dan sayuran. Ketiganya memiliki manfaat yang baik bagi kulit dalam merangsang produksi kolagen. Anda bisa makan salmon, sarden, telur, alpukat, brokoli, wortel, dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda