Idul Adha 2013 Jatuh pada Tanggal Berapa?

sholat ied

Kehadiran Idul Adha tinggal menghitung hari. Hari raya yang dilakukan setiap tanggal 10 Dzulhijah dalam kalender Hijriah itu akan diikuti dengan penyembelihan hewan qurban. Namun kadangkala dengan alasan khilafiah atau masih terjadi perdebatan, pelaksanaannya berbeda di satu tempat dengan lainnya mengikuti keputusan ormas yang ditaati. Kira-kira akankah Idul Adha tahun ini bernasib sama dengan pelaksanaan Idul Fitri 2013 beberapa waktu lalu?

Dikutip dari situs Manasik.info, diperkirakan masyarakat Indonesia akan melaksanakan Idul Adha pada hari yang sama. Antara keputusan pemerintah, sebagian besar ormas, dan terutama ormas Muhammadiyah kemungkinan sepakat menetapkan Idul Adha 10 Dzulhijah bertepatan dengan 15 Oktober 2013.

Menurut informasi dari otoritas Saudi Arabia, negera tersebut kemungkinan menetapkan 1 Dzulhijah pada hari Minggu, 6 Oktober 2013. Sehingga, agenda wukuf di Arafah bagi jamaah haji 9 Dzulhijah bertepatan dengan 14 Oktober 2013. Dan, Idul Adha jatuh satu hari setelah itu, yakni 15 Okteober 2013.

Dirunut secara geografis, bulan baru yang menandai hadirnya 1 Dzulhijah 1434H akan tampak pada 5 Oktober 2013 di jam 3.35 pagi hari menurut waktu Mekkah. Sementara bulan tersebut tenggelam pada pukul 18.05 waktu Mekkah. Ketinggiannya diperkirakan sudah mencapai 2,7°. Dengan sudut ini, bulan hanya punya waktu 15 menit untuk bisa dilihat, sekalipun mencarinya mungkin agak sulit.

Jika posisi bulan dibandingkan dengan keadaan di Indonesia, maka bulan baru yang menandai 1 Dzulhijah 1434 H akan muncul pada 5 Oktober 2013 pukul 7.35 pagi WIB. Terbenamnya diperkirakan pada 18.02 WIB, dengan eaktu terbenamnya matahari pukul 17.47. Ketinggian bulan diperkirakan 2,9° saat matahari tenggelam. Sama seperti di Mekkah, waktu yang bisa dipakai untuk melihat bulan hanya sekitar 15 menit.

Dengan kondisi ini diperkirakan semua elemen ormas dan pemerintah kemungkinan satu suara. Sehingga pelaksanaan Idul Adha tidak terpecah seperti saat Idul Fitri yang lalu. InsyaAllah.

foto: The Jakarta Post

Komentar Anda

Leave A Response