Scroll to Top

Alutsista TNI Tak Semuanya Dipamerkan di HUT TNI ke-68

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 04 Oct 2013

Alutsista TNI Tak Semuanya Dipamerkan di HUT TNI ke-68

Alutsista (Alat Utama Sistem Senjata) TNI tidak semuanya dipamerkan dalam peringatan HUT TNI ke-68 yang dipusatkan di Lanud Halim Perdanakusumah, Jakarta. Hal ini disebabkan oleh adanya KTT APEC dan Pameran Alutsista TNI AD.

Demikian yang disampaikan oleh Panglima TNI, Jenderal TNI Moeldoko dalam geladi bersih HUT TNI, seperti dikutip oleh Republika. Katanya, “HUT TNI kali ini mungkin belum seperti yang diinginkan masyarakat. Beberapa pesawat tak bisa ditampilkan di sini karena ter-deploy acara KTT APEC di Bali dan pameran alutsista TNI AD.”

Alutsista yang tak bisa ditampilkan, di antaranya adalah beberapa pesawat tempur Angkatan Udara dan helikopter Angkatan Darat. Meskipun demikian Jenderal Moeldoko optimis bahwa tahun depan, pada perayaan HUT TNI ke-69 yang difokuskan di Surabaya, seluruh kekuatan TNI bisa ditunjukkan kepada masyarakat.

Untuk Perayaan HUT TNI ke-68 yang bertema “Profesional, Militan, Solid, dan Bersama Rakyat TNI Kuat”, beberapa alutsista disuguhkan. Semisal, TNI Angkatan Udara menampilkan sepasang jet tempur Sukhoi, dua Boeing 737, dua pesawat transport C-130 Hercules, dan triple gun.

Angkatan Darat juga memamerkan empat helikopter, enam panser V-150, dan 12 pucuk meriam 57 artileri pertahanan udara. Sementara Angkatan Laut menampilkan sepasang Howitzer 122 milimeter dan enam tank PT-76.

Tidak hanya itu, ada beberapa demonstrasi pasukan TNI seperti pameran pertempuran jarak dekat dengan 18 personel, terjun bebas yang melibatkan 100 peterjun, beberapa keterampilan prajurit, dan aksi aerobatik JAT (Jupiter Aerobatic Team).

Foto: VIVAnews/Muhamad Solihin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda