Scroll to Top

Jangan Nge-tweet Kalo Anda Pundungan

By Erni Dwi / Published on Tuesday, 27 Sep 2011

twitter-failOpini yang telah beredar bahwa sebagian besar pengguna twitter di Indonesia cukup kritis bisa jadi adalah benar.

Hal ini terbukti kemarin ketika pemilik akun twitter @AlberthienE , Alberthien Endah yang juga merupakan seorang penulis ini dibombardir banyak tanggapan  karena telah melemparkan tweet yang berhubungan dengan peristiwa bom Solo pada 25 September 2011 kemarin dengan tweet sebagai berikut :

Pak Harto emang hebat. Kagak pernah ada bom’.

Alberth Iene E

Berhubung timeline adalah bukti dari kebebasan berekspresi bagi tiap-tiap pengguna twitter , maka tak lama kemudian tweet yang bisa jadi cukup kontroversial ini akhirnya mengundang banyak reaksi yang cukup  beraneka ragam. Namun dari sekian banyak tweet yang ditujukan untuk menanggapi tweet Alberthiene Endah  tersebut, banyak sekali tweet  yang cenderung kepada pem-bully-an terhadap akun twitter  penulis tersebut, bahkan ada yang beranggapan bahwa Alberthien Endah, hanyalah anak kemarin sore yang tidak tahu represifnya zaman Soeharto.

Seperti yang dinyatakan dalam Salingsilang.com, merasa sedih atas kejadian yang menimpanya tersebut Alberthien Endah atau sering disapa dengan AE ini akhirnya menyatakan menutup akun twitternya sebagai reaksi atas kejadian pem-bully-an besar-besaran akibat dari tweet singkatnya tersebut.

Kejadian ini mengingatkan kita kembali bahwa kebebasan berekspresi dalam ranah twitter yang tidak jarang sering menimbulkan reaksi yang cukup besar dan beraneka ragam, sebut saja kejadian sebelumnya yang berhubungan dengan  reaksi  para pengikut kicauan pada kasus tweet Marcel Siahaan yang  mengkritik #sawityowit yang  diprakarsai Deddy Desta , Arie dagienkz dan Vincent Rompies  pada ramadhan yang lalu. Reaksi yang sama pun terjadi pada kasus tersebut, banjir tweet pedas mengkomentari tweet Marcel pun memenuhi timeline.

Jadi apakah anda termasuk seseorang yang pundungan ? Mungkin lebih baik jika anda lebih berhati-hati dalam men-tweet-kan sesuatu ke timeline anda, karena tweet-mu adalah harimaumu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda