Scroll to Top

Intel Galileo: Komputer Mini dengan Konsep Mirip Raspberry Pi

By Ditya / Published on Friday, 04 Oct 2013
Intel Galileo
Intel Galileo

Kesuksesan komputer mini dengan konsep DIY (Do it Yourself) seperti Raspberry Pi tampaknya menginspirasi Intel untuk meluncurkan produk yang sama. Raksasa produsen prosesor x86 ini meluncurkan Galileo yang merupakan komputer mini dengan konsep DIY mirip Raspberry Pi.

Intel mengatakan bahwa komputer mini Galileo ini kompatibel dengan Arduino dan Arduini software development karena Intel menggandeng Arduino Shield dalam pengembangan komputer mini ini. Kerja sama ini akan membuat pintu kesuksesan Galileo di pasar DIY terbuka lebar.

Apa yang ditawarkan oleh komputer mini Intel Galileo ini? Berbeda dengan kebanyakan perangkat Arduino yang menggunakan prosesor berbasis ARM, Galileo menggunakan prosesor berbasis x86 yang didukung oleh Intel Quark X1000 SoC (System on Chip).

Prosesor Quark X1000 yang dihunakan dalam proyek Intel Galileo ini adalah sebuah prosesor 32-bit yang menggunakan arsitektur yang sama dengan Intel Pentium yang didukung dengan memori cache tertanam sebesar 512KB.

Salah satu keistimewaan dari Intel Quark X1000 yang digunakan oleh Galileo ini adalah konsumsi dayanya yang sangat rendah, kurang lebih hanya 1/10 dari konsumsi prosesor Intel Atom generasi terbaru. Prosesor Intel Quark X1000 ini berjalan dengan kecepatan 400MHz saja.

Intel Galileo ini didukung dengan konektivitas berupa port LAN, PCE Express Mini card, USB 2.0 host, dan 10 pin JTAG header. Intel Galileo dilengkapi storage 8MB untuk firmware dan 256MB untuk memori RAM. Intel juga membekali Galileo dengan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal.

Seperti yang dilansir dari Liliputing (03/10/2013), komputer mini Intel Galileo ini akan mulai dijual pada akhir November 2013 mendatang dan perusahaan tersebut akan menyumbangkan 50.000 Galileo untuk seribu universitas. Belum diketahui harga dari Intel Galileo ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda