PSSI Istimewakan Semen Padang?

Semen Padang IPL 2013

PSSI akan menggelar laga play-off untuk tim-tim peserta Indonesia Premier League (IPL) 2013 guna memperebutkan 4 tiket ke Indonesia Super League (ISL) musim depan. Namun, PSSI memperbolehkan Semen Padang untuk tidak mengikuti play-off. Apa alasannya? Apakah PSSI mengistimewakan Semen Padang?

Dari 16 klub peserta IPL 2013, semula ada 11 tim yang akan melakoni play-off. Adapun 5 klub lainnya, yaitu Persebaya 1927, Arema IPL, Persija IPL, Persibo Bojonegoro, dan Persema Malang, dicoret dari persaingan dengan beberapa alasan, yaitu dualisme klub dan masih menjalani sanksi dari PSSI di masa lalu.

Namun, dari 11 tim yang akan mengikuti play-off, pada akhirnya PSSI memberikan wild card kepada Semen Padang. Artinya, tim Kabau Sirah tidak usah repot-repot menempuh play-off dan bisa langsung ke ISL musim depan apabila lolos verifikasi.

Sedangkan 10 klub IPL lainnya, yaitu Pro Duta FC, Perseman Manokwari, PSM Makassar, Persiba Bantul, PSIR Rembang, Persepar Palangkaraya, Persijap Jepara, Persiraja, PSLS, dan Bontang FC, harus tetap bertarung di babak play-off untuk memperebutkan tiket ke ISL.

Lantas, apa alasan PSSI sehingga memberi keistimewaan kepada Semen Padang. Sekjen PSSI, Joko Driyono, pun membeberkan dalihnya. Menurut Joko Driyono, PSSI menghadiahkan wild card kepada Semen Padang karena tim ini memiliki sejarah yang cukup panjang di persepakbolaan nasional dan pernah berlaga di ISL.

“Alasan lainnya, karena Semen Padang juga selalu mengikuti aturan yang berlaku selama berkompetisi,” lanjut Joko Driyono.

Komentar Anda

Leave A Response