Scroll to Top

Google Mendepak Aplikasi Emulator Game dari Android Market

By Yoga / Published on Tuesday, 31 May 2011

Google telah mengambil keputusan untuk menghapus semua aplikasi game emulator pada Android Market setelah beberapa perusahaan pengembang game melayangkan protes terhadap pengguna smartphone yang dapat mengunduh game secara ilegal dengan gratis.

Belum lama ini Google juga telah menghapus aplikasi berbagi musik seperti Grooveshark pada Android Market. Kali ini giliran selanjutnya yang didepak adalah aplikasi game emulator. Aplikasi ini telah menjadi teman baik para gamers pengguna Android untuk memainkan game – game klasik terkenal dari Game Boy, PlayStation dan Super Nintendo yang telah mereka unduh dengan gratis.

Penggunaan aplikasi ini bisa dikategorikan ilegal dan tentu saja membuat para pengembang game tersebut merasa dirugikan. Oleh karena itu untuk untuk menghindarkan diri dari tuntutan para pengembang game, Google memutuskan untuk menghapus aplikasi game emulator tersebut (lagi – lagi) dan tentu saja secara sepihak. Hal ini tentu saja akan membuat para maniak game Android merasa dirugikan, tapi tentu saja akan membuat Google terbebas dari masalah.

Aksi sepihak dari Google ini membuat salah satu akun developer game ternama dalam Android, Yong Zhang tersuspensi. Zhang menjadi salah satu pihak yang bertanggung jawab atas menyebarnya Emulator App pada Android seperti Nesois, Snesoid yang memungkinkan pengguna memainkan game klasik NES, SNES dan Nintendo 64. Selain itu, Zhang juga diduga telah melanggar lisensi open source yang diterapkan Google pada Android Market, memungkinkan Zhang untuk diproses secara hukum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda