Scroll to Top

Instagram Resmi Tampilkan Iklan di News Feed Pengguna

By Ibnu Azis / Published on Friday, 04 Oct 2013

Instagram

Akhirnya terjadi juga. Instagram, secara resmi tampilkan iklan di news feed pengguna. Iklan tersebut akan beruwujud video dan foto. Namun untungnya, hanya pengguna di Amerika Serikat yang sementara ini bakal menjumpainya.

Kabar niatan Instagram tampilkan iklan bukanlah sebuah hal baru. Akhir tahun lalu seorang pejabat Facebook pernah berujar jika pada tahun ini Instagram akan dijejali dengan iklan. Nah, nampaknya memang terbukti ucapannya.

Lantas bagaimana wujud iklan itu sendiri nantinya? Di Instagram Blog, mereka menulis jika pengguna akan menerima stream konten dari pengguna yang tidak mereka ikuti. Pengguna yang dimaksud adalah brand dan merek yang menurut Instagram adalah ‘anggota komunitas Instagram’.

Masih menurut Instagram, iklan yang ada akan ditampilkan dalam video serta foto yang hadir dengan beberapa opsi. Maksudnya, pengguna bisa menyembunyikan iklan dan berikan feedback. Intinya, pengguna miliki kontrol atas iklan yang mereka lihat.

Diyakini, ‘anggota komunitas Instagram’ yang dimaksud adalah akun pengiklan. Misalkan brand tertentu memakai akun tertentu di Instagram. Nantinya, iklan mereka akan dihantarkan ke masing-masing pengguna via news feed.

Yang menarik kemudian tidak adanya semacan sosialisasi iklan. Maksudnya, menilik dari apa yang dilakukan Facebook, mereka kerap bertanya soal ketertarikan, minat, dan hobi pengguna. Dari data-data ini maka iklan akan dihantarkan ke pengguna yang tepat sesuai dengan minat mereka.

Dibandingkan dengan iklan Facebook, iklan Instagram masih belung garang. Jika memang Facebook sangat ingin tampilkan iklan di Instagram sah-sah saja. Sebab, jejaring sosial dan aplikasi berbagi foto video ini belum berikan hasil yang berarti sejak diakuisisi tahun lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda