Scroll to Top

Kominfo dan Pemerintah Didesak Revisi UU ITE

By Ibnu Azis / Published on Friday, 04 Oct 2013

Koin untuk Prita

Kominfo dan pemerintah didesak untuk segera merevisi Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik atau UU ITE. Pasalnya, regulasi yang ada sering dimanfaatkan untuk membungkam masyarakat yang bersikap kritis.

Aturan yang dimaksud yaitu pasal penghinaan dan pencemaran nama baik lewat media massa. Tak jarang, pelapor atau pihak yang diduga bersalah kerap gunakan regulasi ini untuk ‘menyerang balik’. Sejumlah organisasi masyarakat sipil mendesak agar pasal ini direvisi.

Sejumlah organisasi yang dimaksud adalah Elsam, Kontras, dan Southeast Asia Freedom of Expression Network (Safenet). Pasal 27 ayat 3 tentang penghinaan dan pencemaran nama baik lewat media massa menurut Damar Juniarto, jubir Safenet, kerap disalahgunakan.

Masih menurutnya, umumnya para pelapor adalah mereka yang miliki kekuasaan. Bahkan, hingga hari ini sudah ada 25 korban akibat penerapan pasal tersebut. Pada tahun ini saja, tiap bulan ada satu kasus yang muncul selama tahun 2013.

Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) diharapkan untuk segera berbenah. Sebab, upaya kritis masayarakat lewat internet atau media sosial yang harus berujung bui harus segera dihentikan.

Prita Mulyasari, salah satu korban yang pernah berseteru dengan Rumah Sakit Omni di kasus pencemaran nama baik menulis sebuah petisi agar Kominfo agar menghapus pasal di atas. Lewat Change.org hingga kini petisi online-nya mampu mendulang 1.765 dukungan.

Sementara itu, Ashwin Sasongko, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika berujar bila pemerintah akan merevisi UU ITE tahun depan. Ia menjelaskan jika ancaman pidana menjadi tujuan dilakukanya revisi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda