Scroll to Top

Fakta Tentang Minyak Zaitun yang Harus Diketahui

By C Novita / Published on Friday, 04 Oct 2013

fakta minyak zaitun

Minyak zaitun dikenal berkhasiat bagi kesehatan tubuh manusia, terutama untuk menurunkan resiko sakit jantung. Karena itu banyak ahli kesehatan yang menganjurkan memasak menggunakan minyak zaitun, ketimbang menggunakan minyak goreng dari kelapa sawit.

Berikut adalah fakta mengenai minyak zaitun yang harus Anda ketahui:

  • Dapat digunakan untuk menggoreng

Ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa minyak zaitun tak dapat digunakan untuk menggoreng. Padahal dilansir oleh Foxnews, minyak zaitun dapat tetap digunakan menggoreng bahkan bila dimasak hingga suhu 260 derajat Celsius.

  • Terdapat beberapa jenis minyak zaitun

Minyak zaitun didapatkan dari proses pemerasan atau press. Minyak zaitun pada proses pemerasan yang pertama disebut extra virgin, yang dapat langsung diminum. Sedangkan minyak dari proses selanjutnya, disebut minyak zaitun murni atau sisa.

  • Hilang khasiat bila dipanaskan berlebih

Alasan orang untuk tak memakai minyak zaitun saat menggoreng, selain mahal, adalah karena memasak minyak zaitun pada suhu tinggi bisa menghilangkan sebagian manfaatnya. Karena itu cara masak ala Mediterania hanya membubuhkan minyak zaitun sebagai drizzle (taburan) untuk menjaga khasiatnya.

  • Botol warna gelap

Minyak zaitun yang bagus biasanya dikemas dalam botol berwarna gelap. Warnanya sendiri yang terbaik adalah hijau gelap, namun bersih dan tidak butek.

  • Light dan extra light

Label ‘light’ pada kemasan menandakan bahwa minyak zaitun memiliki rasa yang ringan. Sedangkan ‘extra light’ lebih ringan dari light. Ini sebenarnya menunjukkan berapa kali proses pemerasan yang dilakukan untuk mendapatkan minyak zaitun tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda