Scroll to Top

BBM for Android Gratis Namun Harus Langganan BIS?

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 05 Oct 2013

Blackberry Messenger

BBM for Android memang belum dirilis secara resmi, namun pertanyaan seputar aplikasi BBM lintas platform ini terus muncul. Salah satunya adalah soal biaya langganan. Apakah BBM di Android sama dengan di Blackberry yang mengharuskan pengguna berlangganan paket Blackberry Internet Service atau BIS?

Di Blackberry, untuk menggunakan Blackberry Messenger memang tak gratis. Ada biaya yang harus dibayar yakni pulsa (paket) internet. Namun, paket internet ini berbeda dengan paket yang biasanya berlaku di ponsel non Blackberry. Apakah ekosistem ini (BIS) juga akan berlaku pula di BBM di Android?

Ardo Fadhola, Senior Country Product Manager BlackBerry South East Asia berujar semuanya bisa saja terjadi. Dalam bisnis, kata dia, menurunkan harga atau menggratiskan BIS di BBM mungkin saja terjadi.

“Belum ada di rencana perusahaan sih untuk masalah tarif BIS lebih lanjut jika BBM dilepas ke Android dan iPhone,” jelasnya pada Liputan6.

Ia melanjutkan, Blackberry saat ini tengah melihat bagaimana tren yang berkembang di pasar. Terlebih, peluncuran BBM di lintas platform juga masih ditunda. Untuk itu ia belum bisa memastikan seberapa besar dampaknya.

Blackberry dan layanan BIS-nya, lanjutnya, saat ini telah jadi salah satu kerjasama bisnis dengan operator. Blackberry masih mempertimbangkan untuk memutuskan kebijaksanaan BIS.

“Kami akan melihat arah industrinya nanti. Yang jelas kami tak ingin untung sendiri, paket BIS kan menyangkut bisnis operator juga,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda