Scroll to Top

Samsung Bantah Curangi Benchmark Galaxy Note 3

By Ditya / Published on Saturday, 05 Oct 2013
Galaxy Note 3
Samsung Galaxy Note 3 (credit: Anandtech)

Beberapa waktu lalu phablet Samsung Galaxy Note 3 ramai diperbincangkan karena diketahui berlaku curang ketika dilakukan pengukuran kinerja atau benchmark. Baru-baru ini Samsung membantah bahwa pihaknya telah mencurangi benchmark Galaxy Note 3.

Seperti apa sebenarnya bentuk kecurangan tersebut? Pada handset Galaxy Note 3 baik varian Snapdragon 800 maupun Exynos 5420, Samsung telah mendeteksi keberadaan software benchmark tertentu dan otomatis akan meningkatkan tegangan dan frekuensi prosesor dan pengolah grafis agar mencetak skor yang tinggi di benchmark tersebut.

Hal yang dilakukan oleh Samsung ini dianggap sebagai suatu langkah optimasi curang untuk mendapatkan skor yang tinggi. Tentu saja skor yang dihasilkan oleh Galaxy Note 3 ini dicap tidak “alami”.

Galaxy Note 3 memaksimalkan CPU / GPU frekuensi ketika menjalankan fitur yang menuntut kinerja substansial. Ini bukan upaya untuk membesar-besarkan hasil benchmarking tertentu. Kami tetap berkomitmen untuk menyediakan pelanggan kami dengan pengalaman pengguna yang terbaik mungkin,” pernyataan resmi Samsung.

Penjelasan ini sepertinya tetap kurang memuaskan. Hal ini terbukti pada percobaan yang dilakukan oleh ArsTechnica yang melakukan benchmark dengan Geekbench dan Galaxy Note 3 menghasilkan skor yang memuaskan.

Namun, pada benchmark kedua, ArsTechnica mengganti nama Geekbench menjadi Stealthbench, hasilnya? Skor yang dihasilkan Galaxy Note 3 menurun dan dianggap lebih “alami”.

Seperti yang dilansir dari TechRadar (04/10/2013), hal semacam ini sudah terjadi sebelumnya, yakni pada smartphone Galaxy S4 yang juga dituding melakukan kecurangan di benchmark.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda