Scroll to Top

Susan Bennett, Inilah Sosok Pengisi Suara Siri iPhone

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 05 Oct 2013

Susan Bennett 1

Pengguna iPhone – mulai iPhone 4S – pasti sangat akrab dengan Siri. Asisten virtual cerdas yang miliki suara ‘seksi’ yang khas. Namun tahukah Anda jika sosok di balik Siri adalah Susan Bennett, seorang wanita berusia 64 tahun. Bagaimana kisahnya bermula?

Dikutip dari Daily Mail, Susan Bennett sendiri adalah seorang voice-over actor dari pinggiran Kota Atlanta, Georgia, Amerika Serikat. Cerita dia dengan Apple bermula pada bulan Juli 2005.

Pada kurun waktu tersebut, ia membaca ratusan frasa dan kalimat yang memungkinkan sebuah ‘sistem’ di Apple untuk ‘berbicara’ dan mengeluarkan suara vokal, konsonan, suku kata, dan diftong. Itu adalah kali pertama dirinya merekam suara untuk Siri.

Pada peluncuran iPhone 4S tahun 2011 lalu, seorang teman Susan Bennett menghubungi dirinya. Ia bertanya apakah voice di Siri adalah suaranya. Susan Bennett sendiri tidak mengetahui soal itu. Ia kemudian mengunjungi situs Apple dan lakukan verifikasi.

Susan Bennett 2

Sementara itu Apple sendiri tidak lakukan konfirmasi. Seorang pakar audio forensik dengan pengalaman 30 tahun mempelajari voice yang ada dan memastikan 100% jika suara Siri adalah suara Susan Bennett.

Siri sendiri di iOS 7 hadir dengan voice yang baik. Bahkan, pengguna bisa mengubah suara Siri jadi sosok pria dengan mengakses opsi Voice Gender di Setting. Namun entah siapa pengisi suara pria itu. Apakah juga Susan Bennett?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda