Scroll to Top

KTM 1290 Super Duke R: Punya Akselerasi Setara Lamborghini Aventador

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 05 Oct 2013

ktm_superduke_1290

KTM 1290 Super Duke R termasuk motor yang banyak melirik perhatian dari para bikers. Pasalnya, kendaraan ini memiliki spesifikasi yang gahar. Lihat saja tenaga yang dihasilkannya. Dengan menggunakan mesin berkapasitas 1.301 cc V-twin, dapat memunculkan tenaga sampai 180 horse power pada putaran 8870 rpm. Sementara torsi puncaknya 144 Nm. Selain itu masih diperlengkap memakai kontrol traksi yang membuat piranti pendingin terintegrasi secara rapi.

Dikutip Dapur Pacu, motor ini akan memulai debut pada gelaran EICMA 2013 di Milan pada November mendatang. Beberapa foto tidak resminya sempat beredar di dunia maya. Dibandingkan dengan versi prototipe pada gelaran EICMA 2012, tampilannya hanya berbeda di posisi knalpot. Selin itu, lampu depannya tampak futuristik dan memiliki frame terali di depan dan belakang. Warna frame masing-masing yaitu jingga dan putih.

Dilihat dari kemampuannya, KTM 1290 Super Duke R mampu memberikan akselerasi 7,2 detik untuk dipacu dari kecepatan 0-200 kilometer per jam. Bandingkan saja akseselerasinya dengan supercar. Lamborghini Aventador, misalnya, untuk menempuh  0-200 kilometer per jam butuh waktu 8,6 detik. Selisihnya sangat sedikit.

Dengan bobot 189 kilogram, motor ini punya kecepatan “gila” untuk menaklukkan jalan. Kecepatan maksimalnya kemungkinan mencapai 280 kilometer per jam. Oleh karena itu, diperlukan rem yang memadai. KTM membekalinya dengan Brembo M50 pada roda depan dan belakang. Suspensinya memakai WP. Streetfighter yang dilengkapi  slipper clutch, ride by –wire, dan traction control.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda