ventforet kofu jepang

Andik Vermansyah saat ini sudah berada di Jepang untuk mengikuti trial bersama klub Ventrofet Kofu. Pemain andalan Persebaya 1927 dan Timnas Indonesia ini memang diminati oleh salah satu klub peserta kompetisi kasta tertinggi di Jepang alias J-League tersebut. Berikut ini akan sekilas mengenai profil Ventforet Kofu, calon klub baru Andik Vermansyah di Jepang.

Nama Ventforet Kofu barangkali belum sepopuler klub-klub Jepang papan atas yang telah malang-melintang di kompetisi antar klub se-Asia, semisal Yokohama Marinos, Kashima Antlers, Urawa Reds, Jubilo Iwata, dan lainnya. Hal ini bisa dimaklumi karena Ventforet Kofu belum lama promosi ke J-League, yakni pada tahun 2012, setelah menjuarai J2-Leauge di musim itu.

Berdiri sejak tahun 1965, Ventforet Kofu merupakan klub kebanggaan masyarakat Kofu, ibukota prefektur Yamanashi, sebuah kota di daerah lembah Pulau Honshu, tidak seberapa jauh dari Tokyo. Klub yang memiliki jersey utama dengan paduan warna biru-merah ini bermarkas di Yamanashi Chuo Bank Stadium yang berkapasitas 17.000 tempat duduk.

Saat ini Ventrofet Kofu berada di posisi 15 dari 18 klub peserta J-League, atau berada tepat di atas batas zona degradasi. Belum diketahui apakah apabila Andik Vermansyah lolos seleksi akan bermain di tim senior atau hanya di tim reserve. Yang jelas, pengalaman trial di Ventrofet Kofu menjadi sesuatu yang sangat berharga bagi sang andalan Garuda yang pernah pula berlatih di klub peserta MLS Amerika Serikat, DC United, ini.