Scroll to Top

Semen Padang Tak Langsung Lolos ke ISL Musim Depan

By Aditya / Published on Saturday, 05 Oct 2013

Semen Padang 2013 gol

Meskipun memperoleh kemudahan dari PSSI dengan diberikannya wild card, namun Semen Padang ternyata tak bisa langsung lolos ke Indonesia Super League (ISL) musim depan. Tim berjuluk Kabau Sirah ini harus bertarung dengan pemenang laga antar juara grup di playoff Indonesia Premier League (IPL) 2013 yang dibagi menjadi 2 grup dan diikuti 10 tim.

“Kami telah menjadwalkan pertandingan babak playoff. Pertandingan akan dilangsungkan pada 13 atau 16 Oktober 2013. Juara dari masing-masing grup akan bertemu. Pemenang di laga itu akan bertemu Semen Padang, kemungkinan pada 2 November 2103. Pemenang di laga melawan Semen Padang merupakan juara IPL,” tutur Sekjen PSSI, Joko Driyono, di Jakarta, kemarin.

“Semen Padang tidak mengikuti babak playoff, karena mendapatkan wild card. 6 klub ditambah Semen Padang akan mengikuti tahap verifikasi. Dalam tahap verifikasi, setiap klub harus memenuhi syarat lisensi klub profesional,” tambahnya.

Terdapat 5 syarat yang verifikasi harus dipenuhi oleh klub-klub yang telah lolos playoff sebelum bisa berlaga di ISL musim depan, yaitu aspek legal, finansial, infrastruktur, personel dan administrasi, serta sporting.

Seperti diberitakan sebelumnya, Semen Padang memang tidak perlu mengikuti babak playoff  IPL 2013 untuk menentukan siapa saja yang berhak berlaga di ISL musim depan. Pasalnya, PSSI telah memberikan wild card kepada juara bertahan IPL tersebut.

Dalih PSSI memberi keistimewaan kepada Semen Padang, seperti yang dituturkan oleh Sekjen PSSI, Joko Driyono, antara lain karena tim Kabau Sirah memiliki sejarah yang cukup panjang di persepakbolaan nasional dan pernah berlaga di ISL. Selain itu, Semen Padang dinilai selalu mengikuti aturan yang berlaku selama berkompetisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda