Scroll to Top

Inggris Berniat Naturalisasi Adnan Januzaj

By Wan Faizal / Published on Sunday, 06 Oct 2013

Adnan Januzaj

Pasca mencetak dua gol kemenangan Manchester United atas Sunderland, Adnan Januzaj langsung menjadi bahan perbincangan publik. Satu yang mengejutkan adalah kemungkinan Inggris menaturalisasi Januzaj. Sebelumnya, pemain berusia 18 tahun itu punya kewarganegaraan Belgia.

Pertandingan kontra Sunderland memang menjadi debut Januzaj bermain bersama United sejak menit awal. Eloknya, ia menghiasinya dengan penampilan ciamik dan ditutup dengan dua gol indah untuk membawa United memukul balik tuan rumah.

Publik pun lantas ramai berbicara apakah Inggris mau menaturalisasi bakat besar Belgia tersebut. Jika pertanyaan tersebut diberikan pada Roy Hodgson, manajer The Three Lions, maka jawabannya adalah: mungkin saja.

“Ya mungkin saja ia bermain bagi Inggris jika ia dinaturalisasi atau menjadi homegrown product. Adnan telah lama bermain bagi United dan tentu saja ada perbincangan menarik sebelum kita menaturalisasi pemain,” ucap Hodgson.

“Tak ada keraguan bahwa ia adalah bakat besar dan kami juga mengamatinya. Tapi sebelum melakukan itu (naturalisasi) akan ada banyak hal yang harus didiskusikan.”

Kemungkinan tersebut memang terbuka, namun harus memenuhi satu persayaratan yang cukup berat. Berdasar peraturan, pemain yang akan dinaturalisasi harus tinggal minimal lima tahun di Inggris setelah ia menginjak usia 18 tahun. Jika Inggris memang serius, maka Januzaj baru akan bisa memakai seragam Inggris pada usia 23 tahun atau tahun 2018 mendatang.

Hal tersebut akan menjadi penghalang tersendiri bagi Inggris mengingat Belgia juga ingin memakai jasa Januzaj dan terlebih mereka tak harus butuh waktu lima tahun untuk itu. Sementara Januzaj sendiri juga tak menutup kemungkinan bermain bagi Albania, negara yang bisa langsung ia bela berdasar garis keturunan.

“Adnan punya pilihan sendiri soal mau bermain untuk negara mana ia nanti,” jelas David Moyes seusai laga kontra Sunderland.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda