Scroll to Top

Brazil, Argentina, dan Jepang Akan Ramaikan Euro 2020?

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 07 Oct 2013

Brazil, Argentina, dan Jepang Akan Ramaikan Euro 2020

Euro 2020 bisa jadi bukan hanya milik negara-negara Eropa. Brazil, Argentina, Meksiko, bahkan Jepang mungkin saja akan diundang UEFA untuk memeriahkan ajang pembuktian negara terbesar di benua biru dalam urusan sepakbola. Jaminan Euro jauh lebih menarik?

Hal ini diungkapkan sendiri oleh Michel Platini. Presiden UEFA yang mantan pemain Juventus ini mengatakan, “Ide mengundang negara dari benua lain ini masih merupakan rencana awal. Namun, sangat mungkin terjadi. Bukankah negara-negara Amerika Selatan sudah melakukan hal ini? Mengundang tim dari luar untuk tampil di Copa America? Lalu, mengapa Eropa tidak bisa berbuat hal sama?”

Kenyataannya, sejak 1993, Copa America memang memiliki ‘cita rasa tersendiri’. Mengingat jumlah negara yang relatif sedikit, CONMEBOL kemudian mengundang beberapa negara. Jepang pernah berpartisipasi. Sedang Amerika Serikat, Meksiko, dan Costa Rica, secara reguler hadir di pesta sepakbola Amerika Latin ini.

Jika kemungkinan mengundang peserta dari luar Eropa pada Euro 2020 masih digodok, lain halnya dengan Euro 2016. Kejuaraan yang akan berlangsung di Prancis ini akan diisi oleh 24 negara. Alias delapan lebih banyak daripada biasa.

24 peserta tersebut akan terbagi dalam enam grup. Tidak hanya juara dan runner-up grup yang lolos. Tetapi juga empat peringkat tiga terbaik,untuk kemudian melaju ke perdelapan final.

Kembali ke Euro 2020, tidak hanya masalah negara non-Eropa. Platini juga ingin sistemnya diubah total. Akan ada 13 kota dari 13 negara yang menjadi tuan rumah. Uniknya, belum tentu negara yang kotanya diberi kesempatan menggelar babak final turnamen tersebut, lolos.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda