Scroll to Top

Adnan Januzaj Punya Pilihan Bermain Untuk Enam Negara!

By Wan Faizal / Published on Monday, 07 Oct 2013

Januzaj44

Adnan Januzaj baru saja menyita perhatian publik dengan dua gol yang ia cetak ke gawang Sunderland untuk membawa Manchester United meraih tiga angka penting akhir pekan kemarin. Namun dibalik performa impresifnya di Stadium of Light kemarin, terkuak fakta bahwa di usianya yang masih 18 tahun ini Januzaj punya pilihan untuk bermain bagi satu dari enam negara yang bisa ia bela. Kok bisa?

Well, Januzaj adalah pemain kelahiran 5 Februari 1995 bertempat di Brussels. Fakta tersebut membuat Timnas Belgia berhak untuk memakai jasa Januzaj di kancah internasional. Tentu saja dengan syarat Januzaj bersedia bermain bersama Eden Hazard dkk. Lantas, lima negara lainnya?

Januzaj memang lahir di Belgia, namun orang tuanya berdarah Albania dan Kosovo yang berpeluang membuat Januzaj bisa membela kedua negara tersebut. Kosovo sendiri pada awalnya adalah sebuah propinsi di Serbia. Namun pada 2008 mereka menyatakan kemerdekaannya secara sepihak yang turut diakui secara resmi oleh negara lain seperti Amerika Serikat, Prancis, Turki, dan negara-negara dari Britania Raya.

Sementara itu, pemain yang lahir tepat satu dekade setelah kelahiran Cristiano Ronaldo itu juga bisa membela Serbia dan Turki. Hal itu memang memungkinkan karena garis keturunan dari kakek dan nenek Januzaj.

Negara terakhir yang bisa dibela Januzaj adalah Inggris. Untuk yang satu ini, persyaratannya memang lebih rumit dan makan waktu. Berdasar peraturan, Januzaj bisa dinaturalisasi oleh Inggris, namun ia harus tinggal lima tahun lebih dahulu di Inggris sejak ia memasuki usia 18 tahun. Itu artinya, Januzaj baru bisa membela timnas senior Inggris pada usia 23 tahun nanti, atau pada gelaran Piala Dunia 2018 mendatang.

Fakta tersebut tentu akan membuat nama Januzaj masih akan menjadi rebutan enam negara tersebut, sampai sang pemain sendiri menentukan pilihan negara mana yang akan ia bela hingga ia pensiun kelak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda