Scroll to Top

Google dan Samsung Berebut Membeli Blackberry?

By Ibnu Azis / Published on Monday, 07 Oct 2013

BlackBerry 10

Blackberry dikabarkan tengah jadi incaran perusahaan-perusahaan teknologi besar. Meski telah terjalin letter of intent, bukan berarti perusahaan asal Kanada ini berhenti mencari calon pembeli potensial. Bahkan, Google dan Samsung pun dikabarkan tertarik.

Reuters yang mengabarkan eksklusif pada Sabtu pekan lalu menulis jika Blackberry memang masih mencari alternatif pembeli lain. Padahal, mereka sudah lakukan penjanjian tentatif dengan Fairfax Financial Holdings.

Menurut seorang sumber perusahaan yang bisa dipercaya, Blackberry telah berbicara dengan perwakilan perusahaan Cisco Systems, Google, dan SAP. Mereka juga ajukan tawaran ke LG dan Samsung.

Terkait Samsung dan Google ada yang menarik. Apa sesungguhnya yang membuat mereka dibidik Blackberry untuk jadi target utama pemilik baru. Apa yang ditawarkan Blackberry?

Google secara software dan hardware miliki modal yang cukup baik. Di perangkat keras, mereka miliki Motorola. Agustus 2011 ‘pabrik ponsel’ ini diakuisisi di angka yang mencengangkan, USD 12,5 miliar. Di perangkat lunak, mereka miliki Android. OS mobile paling populer sejagat dengan satu miliar aktivasi.

Samsung juga demikian. Penguasa pasar smartphone Android di dunia. Produsen ponsel asal negeri gingseng ini bisa dibilang leader market dari ponsel Android. Dengan keunggulan masing-masing dan kekuatan yang dimiliki, lantas apa yang ditawarkan ke mereka berdua?

Disinyalir, Blackberry tawarkan hak paten dan layanan server. Namun belum ada konfirmasi resmi soal ini. Yang jelas, Blackberry masih miliki waktu hingga 4 November 2013 untuk berfikir ulang. Jika tidak maka mereka harus siap terima tawaran Fairfax Financial Holdings sebesar USD 4,7 miliar yang telah disetujui beberapa waktu lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda