Scroll to Top

Sering Unggah Foto Makanan di Instagram Bisa Bikin Langsing

By Ibnu Azis / Published on Monday, 07 Oct 2013

Kue Instagram

Suka unggah foto makanan di Instagram? Teruslah lakukan itu terlebih jika Anda menderita obesitas atau gagal diet. Diyakini peneliti, budaya narsis kuliner ini bikin pengguna kian langsing. Seperti apa?

Menurut peneliti dari Brigham Young Universitiy terdapat perbedaan berat badan yang cukup signifikan bagi pengguna tertentu setelah menggunakan Instagram. Demikian menurut Softpedia yang ditulis beberapa waktu lalu.

Budaya narsis kuliner ini memang sedang tren. Bahkan orang Asia paling intens menfoto makanan dan mengunggahnya di media sosial sebelum disantap. Tak hanya di Instagram, foto makanan juga bersliweran di Twitter juga Facebook.

Lantas apa yang membuat peneliti Brigham Young Universitiy yakin jika aktivitas narsis kuliner itu membuat pengguna kian langsing? Mereka percaya jika kebiasaan itu membuat pengguna muak.

Penelitian yang dilakukan di 232 responden ini meminta mereka milihat 60 foto makanan manis dan setengah responden diminta melihat makanan gurih. Alhasil sebagian dari mereka kemudian hilang seleranya untuk mencicipi makanan tersebut.

Ryan Penatua, salah seorang peneliti berujar jika apa yang terjadi adalah semacam kebosanan sensorik. Pengguna yang melihat foto tersebut, kata dia, seakan muak melihatnya. Di satu sisi mereka akan bosan meski belum sedang akan mencicipinya.

Para peneliti pun menyarankan agar pengguna yang miliki kegagalan dalam diet atau punya masalah obesitas untuk terus bermain Instagram. Mereka disarankan untuk memotret makanan sepanjang hari dan terus melihat foto-foto yang telah dipotret atau yang mengalir di news feed secara intens.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda