Scroll to Top

Microsoft Tawarkan Lisensi Gratis Windows Phone untuk HTC?

By Ditya / Published on Monday, 07 Oct 2013
HTC 8XT
HTC 8XT

Microsoft dikabarkan menawarkan lisensi gratis untuk Windows Phone pada HTC. Seperti yang kita ketahui, Windows Phone adalah sistem operasi proprietary buatan Microsoft dan vendor harus membayar lisensi untuk dapat menggunakan sistem operasi tersebut.

Sebelumnya telah beredar kabar bahwa Microsoft menawarkan gagasan untuk menghadirkan Windows Phone di jajaran smartphone Android HTC, tetapi belum jelas bagaimana mekanisme yang ditawarkan oleh raksasa perangkat lunak asal Redmond tersebut.

Beberapa pihak memperkirakan bahwa Microsoft menawarkan Windows PHone secara dual-boot di smartphone HTC. Sayangnya, hal ini sangat sulit dilakukan mengingat keterbatasan perangkat keras yang diusung oleh smartphone.

Penulis sendiri berpendapat bahwa Microsoft sedang merayu HTC untuk tetap memproduksi smartphone berbasis Windows Phone sebagai alternatif dari jajaran smartphone Android yang telah ada. Hal ini diperkuat dengan isu hadirnya smartphone HTC One Windows Phone Edition.

Kini beredar kabar bahwa Microsoft menawarkan lisensi gratis Windows Phone untuk HTC. Ini berarti HTC dapat menggunakan sistem operasi Windows Phone di produk smartphone besutannya tanpa membayar biaya lisensi. Sayangnya, kabar ini sampai saat ini belum mendapat konfirmasi dari Microsoft maupun HTC.

Seperti yang kita ketahui, HTC sendiri telah meluncurkan setidaknya tiga buah smartphone yang berbasis Windows Phone, yakni HTC 8X, HTC 8S, dan HTC 8XT. Namun, penjualan smartphone tersebut jauh dari kata memuaskan.

Seperti yang dilansir dari ArsTechnica (06/10/2013), perwakilan Microsoft menanggapi kabar ini dan menekankan bahwa kesepakatan antara Microsoft dan mitranya adalah rahasia, sehingga tidak dapat diungkapkan ke publik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda