Scroll to Top

Tips Menggunakan Kendaraan Saat Hujan

By Ilham Choirul / Published on Monday, 07 Oct 2013

hujan deras

Hujan sudah mulai turun di beberapa daerah. Sekalipun intensitasnya belum tinggi, Anda harus sudah mulai waspada sejak kini. Pasalnya, hujan kerap tidak bisa ditebak datangnya. Saat hujan, berkendara pun menjadi penuh risiko kecelakaan dengan menurunnya tingkat kewaspadaan karena berbagai faktor. Misalnya jalanan menjadi lebih licin, pandangan terbatas, dan sebagainya:

Dikutip dari Antara, ada beberapa tips yang berguna buat Anda kala berkendara saat hujan tiba:

  1. Jika memakai motor, sebaiknya memakai jas hujan yang desainnya mengikuti bentuk tubuh. Hindari jas hujan ponco yang berisiko menyangkut pada roda  atau bagian lain di kendaraan. Selain itu jenis ponco yang tidak menurutp penuh bagian tubuh, sehingga badan masih mungkin terkena air.
  2. Jika ingin berteduh pastikan posisi Anda sudah berada di pinggir jalan. Pasalnya, jarak pandang saat hujan akan berkurang. Jika Anda berhenti agak ke tengah maka dapat menimbulkan kesalahpahaman pemakai jalan lain. Efeknya kendaraan Anda dapat tertabrak kendaraan lain dan terjadi kecelakaan.
  3. Nyalakan lampu utama setiap saat. Lampu utama memberikan tanda pada kendaraan lain bahwa di Anda  sedang melaju di jalan. Nyalalan lampu utama baik di siang atau malam hari.
  4. Pastikan kembangan ban tidak dalam keadaan gundul. Ban yang sudah aus akan mengurangi gaya gesek terhadap jalan sehingga menjadi licin. Anda bisa terpeleset di jalanan yang basah.
  5. Isi angin pada ban dengan tekanan yang disarankan. Tekanan angin pada ban harus dalam posisi yang ditentukan untuk menghindari kecelakaan saat hujan.
  6. Khusus kendaraan roda empat sebaiknya tidak menyalakan lampu hazard saat hujan. Sebab, lampu tersebut membingungkan pengendara lain saat melihatnya. Lampu hazard menimbulkan efek ilusi yang membuat pemakai jalan lain bingung ke arah mana akan berbelok. Pemakaian lampu ini hanya pada posisi darurat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda