Scroll to Top

Gila, setengah Juta Penduduk Jerman Kecanduan Internet!

By Moch Ridwan / Published on Tuesday, 27 Sep 2011
Jerman kecanduan internet

Lebih dari setengah juta penduduk Jerman ternayat tidak bisa dipisahkan dari apa yang namnya internet. Kabar ini dilansir oleh pemerindah Jerman dari sebuah penelitian yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Ini artinya ada sekitar 560.000 atau sekitar satu persen dari total populasi yang ada di Jerman dengan usia antara 14 hingga 64 tahun yang tidak dapat mengontrol dirinya dari penggunaan website. Dari jumlah itu lima persennya adalah gadis berusia muda, dan yang paling rentan.

Hasil penelitian ini dilakukan oleh dua Universitas yang berada di belahan timur Jerman dengan melibatkan 15.023 responden. Penelitian di lakukan melalui telepon, dimana kecanduan yang dimaksud didefinisikan sebagai aksi yang berlebihan dalam menanggapi realita hidup, ketidakperdulian pada tanggung jawab dipandang dari jumlah waktu yang dihabiskan untuk berada di dunia maya.

Penelitian tersebut juga menguak bahwa remaja putri merupakan kelompok yang paling banyak mengalami kecanduan, dimana porsi paling banyak mereka menghabiskan waktu di internet adalah dengan mengunjungi Facebook.

Lain hanya dengan anak cowok yang hanya menyumbang tigapersen dari jumlah populasi tersebut dimana kebanyakan mereka kecanduan terhadap game online.

“Terdapat banyak orang yang masih belum mendapat pengakuan di kehidupan nyata. Oleh sebab itu mereka lebih banyak untuk mencari teman secara online,” demikian kata salah satu nara sumber, Dyckmans yang berhasil diwawancarai.

Jika penelitian ini dilakukan di Indonesia dirasa hasilnya akan mengejutkan mengingat pengguna Facebook di negara kita cukup banyak. Bisa-bisa kdepanya warung kopi dan warteg pada sepi karena banyak orang yang lebih senang chating via Facebook dibandingkan bertatap muka langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda