Scroll to Top

Cristiano Ronaldo Pemimpin Sejati Real Madrid

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 08 Oct 2013

Cristiano Ronaldo Pemimpin Sejati Real Madrid

Cristiano Ronaldo telah mencetak 50 gol sepanjang 2013 dan berkali-kali menjadi penyelamat Real Madrid. Ia bahkan melampaui catatan Lionel Messi yang baru mengemas 42 gol. Pengaruh CR7 dalam mengubah jalannya laga, membuat Jorge Valdano, legenda Los Blancos, menyebutnya sebagai ‘pemimpin sejati’.

Berbicara dengan para pembaca elmundo.es, Jorge Valdano diminta menjawab perbandingan tokoh Real Madrid seperti eks pelatih Jose Mourinho yang kini menangani Chelsea, dengan Cristiano Ronaldo.

Mantan direktur sepakbola Los Blancos menjawab, “Pemimpin yang ingin memamerkan terlalu banyak kekuatan (dengan mengeluarkan pernyataan kontroversial untuk menekan lawan) hanya efektif untuk waktu singkat. Jose Mourinho adalah salah satu contohnya.”

Sebaliknya, bagi Valdano, Cristiano Ronaldo adalah pemimpin alami Real Madrid. Katanya, “Cristiano Ronaldo memiliki pengaruh yang luar biasa dalam sebuah pertandingan. Hal ini yang membuatnya layak disebut sebagai pemimpin sejati tim. Bahkan meski ia tidak membuka mulutnya (tidak berkoar-koar).”

Selain membahas kedua orang tersebut, Valdano juga sedikit curhat mengenai pendapatnya atas kepindahan Mesut Ozil ke Arsenal. Bagaimanapun, “Saya sangat menyesal dengan penjualan Mesut Ozil. Bahkan meski Carlo Ancelotti masih memiliki skuad yang fantastis.”

Bagi sang legenda, Los Blancos saat ini memang tampil kurang menyenangkan. Beberapa kali mereka kesulitan oleh tim-tim yang relatif mudah digebuk. Namun, Valdano optimis dengan punggawa yang ada, kubu Santiago Bernabeu akan melewati masa sulit dengan nyaman.

“Real Madrid hanya membutuhkan keseimbangan tim; dan hal ini cuma tinggal menunggu waktu.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda