Scroll to Top

Adnan Januzaj Tolak Panggilan Timnas Belgia

By Wan Faizal / Published on Tuesday, 08 Oct 2013

AJ44

Asa Timnas Belgia untuk mencuri start soal perebutan status gelandang muda Manchester United, Adnan Januzaj, harus mengalami penolakan. Seperti diutarakan Marc Wilmots, pelatih Belgia, ia sebenarnya telah memanggil Januzaj untuk dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2014 kontra Kroasia dan Wales akhir pekan ini, namun Januzaj mengaku masih belum siap.

Uniknya, penolakan itu disampaikan oleh kubu United, bukan oleh Januzaj sendiri. Pemain berusia 18 tahun itu memang meminta pihak klub yang menyampaikan bahwa ia masih butuh waktu untuk berpikir soal negara mana yang akan ia bela.

“Ini adalah untuk pertama kalinya saya mencoba melibatkannya dalam skuad (Timnas Belgia) karena saya ingin memberinya pesan yang jelas. Sayangnya, saya mendapat respon yang cepat dari Inggris, ketika Manchester United memberitahu saya bahwa Adnan masih belum siap untuk memutuskan negara mana yang ia bela,” ujar Wilmots.

“Saya menghormati pendiriannya. Setiap pemain punya hak untuk menentukan pilihannya dan saya tak akan memberinya ultimatum. Kalian tak bisa memaksa pemain untuk memilih negara mana yang ia bela. Itu semua harus berasal dari hatinya.”

“Yang jelas, pintu Timnas Belgia selalu akan terbuka jika ia mau bergabung dengan kami.”

Selain Belgia, Januzaj sendiri punya pilihan untuk membela lima negara lainnya. Ia bisa bermain bagi Albania atau Kosovo jika berdasar darah orang tuanya. Turki dan Serbia juga masuk nominasi jika dilihat dari garis keturunan Januzaj.

Terakhir ada Inggris yang berpotensi memanfaatkan jasa Januzaj dengan jalur naturalisasi, meski masih butuh waktu lima tahun lagi untuk merealisasikannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda