Scroll to Top

Gustavo Poyet Resmi Jadi Manajer Sunderland

By Wan Faizal / Published on Tuesday, 08 Oct 2013

Gus Poyet

Berakhir sudah masa kerja Kevin Ball sebagai manajer carateker di Sunderland pasca dipecatnya Paolo Di Canio. Itu setelah pihak klub secara resmi menunjuk Gustavo Poyet untuk menjadi manajer The Black Cats. Poyet diberitakan telah menandatangani kontrak berdurasi tiga musim.

Nama Poyet terpilih setelah ia mengalahkan tiga kandidat kuat lain, yakni Steve McClaren, Roberto Di Matteo, dan Tony Pulis. Ellis Short, Chairman Sunderland, menyatakan bahwa alasan penunjukkan Poyet adalah karena ia lebih memiliki passion dibanding kandidat lain. Alasan yang juga dikemukakan Short ketika ia menunjuk Di Canio enam bulan lalu.

“Kami menganalisis beberapa kandidat dan kami percaya bahwa jejak karier, pengalaman, komitmen, dan gairah yang dimiliki Gus membuatnya pantas untuk menerima jabatan ini. Kami menyambutnya di Sunderland,” ujar Short.

Poyet yang merupakan eks bintang Chelsea pada masanya baru terjun ke dunia kepelatihan pada Juli 2006, tepatnya saat ia menjadi asisten Dennis Wise di Swindon Town. Keduanya kemudian melanjutkan karier di Leeds United pada Oktober 2006.

Tepat setahun berikutnya, Poyet “naik pangkat” menjadi pelatih utama di Tottenham Hotspur kala masih dibesut oleh Juande Ramos. Namun saat itu performa Spurs justru tak terlalu mengkilap.

Periode keemasan Poyet adalah saat ia bersama Brighton dimana ia membawa klub tersebut menjuarai League One pada 2011. Sayangnya, karier Poyet di Brighton harus berakhir pada Juni 2013 menyusul ada suatu konflik dengan klub.

Menarik ditunggu apakah Poyet benar-benar orang yang tepat untuk bisa mengangkat Sunderland dari posisi juru kunci klasemen sementara Liga Inggris musim ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda