Scroll to Top

Kekurangan dan Kelebihan Waktu Tidur Berbahaya untuk Kesehatan Kardiovaskular

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 08 Oct 2013

kesiangan

Sebaik apakah Anda menyukupi kebutuhan tidur setiap hari? Jika Anda hanya menghabiskan tidur kurang  dari enam jam per hari, waspadai kesehatan kardiovaskular Anda. Sebab, untuk mencegah dari penyakit kardiovaskular diperlukan tidur selama enam sampai 8 jam setiap malam. Jika kurang dari itu, terjadi peningkatan risiko masalah jantung dan stroke. Demikian dikutip Times of India.

Studi ini dilakukan oleh Dr. Saurabh Aggarwal dari Chicago Medical School. Menurut temuan ilmuwan asal India ini, kurang tidur menyebabkan seseorang lebih mungking untuk mengalami serangan jantung dan stroke dengan waktu yang tidak bisa diperkirakan. Risiko ini menurun pada mereka yang mampu mencukupi kebutuhan tidur enam hingga 8 jam setiap harinya secara rutin. Bahkan, pada orang yang kurang tidur, risiko terkena masalah kardiovaskular meningkat sampai dua per tiga dibanding mereka yang mencukupi waktu tidur.

Menurut Aggarwal waktu tidur enam sampai 8 jam adalah sebuah durasi yang ideal untuk mendapatkan manfaat tidur. Sangat tidak disarankan untuk merutinkan tidur kurang dari waktu tersebut atau berlebihan melewati durasi ini.

Masalahnya, orang-orang yang berlebihan tidur pun juga memiliki risiko terkena penyakit kardiovaskular. Aggarwal menyebutkan, penyakit yang bisa muncul jika terlalu ekstrim berlebihan tidur adalah angina dan penyakit arteri koroner. Kedua penyakit tersebut akan meningkat sebesar 19 persen.

“Dan orang-orang yang (memiliki) durasi tidur ekstrim berada pada risiko tertinggi mengalami kejadian kardiovaskular,” kata Aggarwal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda