hari raya idul adha

Hari Raya Idul Adha 2013 tahun ini akan jatuh pada Selasa 15 Oktober 2013, berdasarkan keputusan yang ditetapkan oleh pemerintah. Keputusan tersebut didasarkan sidang itsbat mengenai awal bulan Zulhijjah 1434 Hijriah oleh Kemenag, yang jatuh tanggal 6 Oktober 2013. Jadi, tanggal 10 Zulhijjah yang merupakan hari dilangsungkannya Idul Adha atau Idul Qurban, akan jatuh di tanggal 15 Oktober 2013 nanti.

Hasil sidang itsbat disampaikan oleh Dirjen Bimas Islam, Abdul Djamil, dengan dihadiri oleh pimpinan MUI, beberapa perwakilan ormas Islam yang ada di Indonesia, juga Badan Hisab dan Rukyat.

Adapun metode penetapan 1 Zulhijjah itu menggunakan metode hisab serta rukyat, seperti dinyatakan oleh Abdul Jamil yang diumumkan pada media oleh Humas Kemenag.

“Penetapan sidang itsbat dilakukan melalui hisab dan rukyat,” demikian dilansir oleh laman Tribunnews, Minggu 06/10/2013.

Saudi Arabia sendiri juga sudah menetapkan agenda wukuf yang akan dilaksanakan oleh jema’ah haji tahun ini pada 9 Zulhijjah yaitu tanggal 14 Oktober nanti. Yang berarti bahwa Idul Adha akan berlangsung sehari sesudahnya, tepatnya 15 Oktober 2013.

2 Ormas Islam terbesar di Indonesia, yaitu Nahdatul Ulama dan Muhammadiyah pun sepertinya kali ini kompak dengan tidak adanya perbedaan waktu dilangsungkannya Hari Raya Idul Adha. Walau untuk perayaan Idul Fitri kemarin ada perbedaan yang terjadi.

Nah, untuk menyambut Hari Raya Idul Qurban tanggal 15 Oktober nanti, sudahkah Anda mempersiapkan hewan qurban yang terbaik?