Scroll to Top

7 Manfaat Menakjubkan dari Jagung

By C Novita / Published on Wednesday, 09 Oct 2013

manfaat jagung

Jagung sudah lama menjadi makanan pokok bagi manusia. Manfaatnya tak sekedar untuk mengenyangkan karena karbohidrat yang dikandungnya, namun juga untuk memelihara kesehatan tubuh.

Jagung mempunyai kandungan nutrisi seperti vitamin, serat dan mineral yang tentu baik sekali bagi kesehatan.

Berikut adalah manfaat yang menakjubkan dari jagung, seperti dilansir oleh laman Boldsky:

  1. Pencernaan sehat. Serat yang terdapat dalam jagung dapat membantu mempercepat proses pencernaan pada tubuh. Sebuah penelitian menemukan bahwa konsumsi 1 cangkir jagung akan memenuhi kebutuhan 10 persen serat yang dibutuhkan tubuh dalam 1 hari.
  2. Baik untuk kehamilan. Jagung punya kandungan asam folat yang baik bagi ibu hamil dan janinnya. Manfaatnya adalah untuk pertumbuhan tulang belakang dan menambah berat badan bayi secara sehat.
  3. Kesehatan mata. Karotenoid pada jagung bisa mengurangi resiko degenerasi makula pada mata. Juga mencegah terjadinya katarak di kalangan usia lanjut.
  4. Jantung sehat. Ada vitamin C, karotenoid, bioflavonoid yang baik bagi kesehatan jantung. Karotenoid juga mencegah mengerasnya pembuluh arteri dan mengontrol kolesterol dalam darah.
  5. Kaya kalori dan vitamin. Per 100 gram jagung ada 342 kalori. Vitamin B, terutama niasin dan thiamin sangat baik untuk kesehatan mental yang mencegah terjadinya demensia, dermatitis, juga kesehatan syaraf.
  6. Mineral. Ada magnesium, mangan, zat besi, zinc, selenium, dan mineral lain dalam sebuah jagung. Semua mineral ini baik bagi kesehatan fungsi tubuh.
  7. Mencegah anemia. Ada kandungan vitamin B12, asam folat, juga zat besi yang baik bagi pencegahan anemia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda