Scroll to Top

BBM for Android Seharusnya Sudah Dirilis Sejak Dulu

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 09 Oct 2013

BBM for Android

BBM for Android atau BBM lintas platform, sebut salah satu mantan pegawai Blackberry seharusnya sudah dirilis sejak dulu. Menurutnya, perusahaan asal Kanada itu sudah sangat terlambat bilamana luncurkan Blackberry Messenger di OS lain saat ini. Apa yang jadi pertimbangannya?

Ted Livingston, mantan karyawan Blackberry yang dimaksud, dulunya bekerja di sektor engineering dan mekatronik. Ia bahkan bergabung di Blackberry saat masih memakai nama RIM. Bisa dibilang, Ted Livingston sudah di Blackberry sejak perusahaan itu alami masa keemasan.

Cerita bermula pada tahun 2000 lalu. Kala itu Ted Livingston sempat berikan saran agar BBM dilepas ke platform lain. Namun apa lacur, petinggi Blackberry menolak mentah-mentah saran tersebut. Alasannya sudah cukup jelas, orang membeli BB karena ada BBM.

Bahkan ia berani mengandaikan jika Blackberry bakal sebesar Facebook jika sudi lakukan itu sejak dulu. Sedangkan idenya kini baru didengar sekarang. Blackberry mulai berminat ke platform lain tapi semuanya dinilai sudah sangat terlambat.

Ted Livingston yang keluar dari RIM kemudian membuat aplikasi pesan instan serupa yang bernama Kik Messenger. Aplikasi ini bisa berkerja di banyak platform. Alhasil, Kik Messenger sukses besar dibanding BBM.

Secara total, Kik Messenger mampu mendulang 90 juta pengguna. Sedangkan BBM sendiri hanya sekitar 60 juta pengguna. Namun, Ted Livingston harus mencatat. Jika BBM jadi ke lintas platform, mungkin jumlah penggunanya akan bertambah berlipat ganda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda