Scroll to Top

Duduk Terlalu Lama Bisa Kena Serangan Jantung

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 09 Oct 2013

duduk

Jika Anda lebih banyak menghabiskan waktu untuk duduk, sempatkan dalam sekian waktu tertentu untuk berdiri dan menggerakkan badan. Pasalnya, kebanyakan duduk memicu pembekuan darah. Saat kondisinya makin fatal bisa berujung pada serangan jantung.

Dikutip dari Times of India, daerah pertama yang diserang pembekuan darah adalah kaki. Kasus sepeti ini disebut dengan deep vein thrombosis (DVT), yaitu bentuk bekuan darah di pembuluh darah dalam di kaki atau panggul.

” Duduk di posisi yang sama selama berjam-jam dapat menyebabkan pembekuan darah di kaki yang bisa berakibat fatal jika tidak diobati pada waktunya,” kata Dr Anil Bansal, Kardiolog Interventional di Rumah Sakit Columbia Asia.

Sementara itu duduk berjam-jam membuat bekuan darah mencoba mencari jalan untuk membebaskan diri dari posisi mereka saat itu. Masalahnya, perjalanan darah akan melewati pembuluh darah yangmengarah pada paru-paru di sebelah kanan. Kejadian ini bisa menimbulkan emboli paru.

Penyumbatan pada arteri utama paru-paru ini lantas melakukan perjalanan lagi ke bagian tubuh lain melalui aliran darah. Penyumbatan yang makin meluas ini membuat aliran oksigen yang salah satunya harus dipasok ke jantung menjadi berkurang. Inilah kemudian yang akan memicu serangan jantung.

” Jika tubuh Anda atau bagian dari  tubuh tidak bergerak untuk waktu yang lama, ini menghambat sirkulasi darah. Jika darah berkumpul di satu tempat di kaki, trombosit cenderung menempel satu dengan yang lain dan membentuk bekuan , ” kata Bansal.

Bagi Anda yang menjalani pekerjaan dengan lebih banyak duduk, ada baiknya mengatur waktu setiap beberapa waktu sekali melakukan relaksasi tubuh. Anda bisa berdiri dan berjalan-jalan sebentar untuk menghindari bekuan darah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda