Scroll to Top

Di China, Polisi Internet Jauh Lebih Banyak Dibanding Jumlah Tentara

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 09 Oct 2013

Militer China

Tahukah Anda, jika di China, negeri Tirai Bambu itu miliki sekitar 2 juta orang untuk memonitoring akses online netizen atau disebut sebagai ‘polisi internet’. Padahal, jumlah personel militer mereka hanya sekitar 1,5 juta tentara saja.

Dikutip dari Mashable yang melansir publikasi harian setempat Beijing News, pengawasan yang ketat akan sensor online di China memang sengaja dikontrol oleh pemerintah. Sedangkan jumlah pengguna media sosial China, Shina Weibo, telah mencapai 500 juta orang.

Pertumbuhan media sosial di China sendiri juga seakan tak miliki rem. Padahal, peningkatan yang tajam ini hanya bersumber dari media sosial lokal. Jejaring sosial populer dunia tidak diberikan akses untuk masuk ke China.

Netizen China pun menggunakan microblogging lokal sebagai media untuk mengkritik pemerintah. Maka tak heran jika sensor yang ada kini melirik target ke pengguna media sosial. Ini bisa dikatakan jika dua juta ‘pemantau’ online yang ada memang diandalkan pemerintah untuk mengontrol aktivitas maya warganya.

Tang Xiaotao, salah satu ‘polisi internet’ China mengaku jika ia telah bekerja sebagai ‘pemantau’ selama enam bulan. Saban harinya, ia hanya duduk di depan komputer dengan membuka sebuah aplikasi.

Tak hanya aktivitas warga, ‘polisi internet’ ini juga memantau situs yang berasal dari luar negara tersebut. Pemerintah juga membuat kelas pelatihan untuk para calon ‘pemantau’ pada 14 – 18 Oktober 2013 mendatang.

Kembali ke soal Shina Weibo, topik yang dibicarakan di media sosial itu bukan sekadar hobi, pertemanan, maupun kegemaran. Tak jarang user juga berdiskusi soal politik. Inilah yang dikhawatirkan pemerintah. Sebab, saban harinya saja ada sekitar 100 juta postingan yang terunggah di situs Twitter-nya China itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda