Scroll to Top

Mudah Merasa Lelah, Mungkin Ini Penyebabnya

By C Novita / Published on Wednesday, 09 Oct 2013

mudah lelah

Apakah Anda kerap merasa kelelahan padahal sudah beristirahat cukup, tidur cukup, dan tak melakukan banyak hal yang berat sepanjang hari? Sebaiknya Anda mulai curiga bahwa ada yang salah dalam tubuh Anda. Merasa mudah lelah memang tak selalu diakibatkan melakukan banyak hal.

Ada beberapa penyebab lain yang memicu tubuh Anda mudah sekali merasa lelah. Apa sajakah itu? Berikut seperti dilansir oleh Allwomanstalk buat Anda:

  • Hipotiroid

Hipotiroid atau hipotiroidisme adalah kurangnya produksi tiroid yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid. Penyebabnya macam-macam, antara lain stres akut, kehamilan, gangguan kelenjar hipofisis, gangguan hipotalamus, serta gangguan autoimun. Cara mengatasinya adalah dengan mengonsumsi obat-obat tertentu atau mengonsumsi makanan tertentu yang dianjurkan oleh dokter agar produksi tiroid kembali normal.

  • Kurang kalori

Banyak orang dengan kadar tiroid rendah memiliki metabolisme yang lambat, karena kelenjar tiroid bertanggung jawab meningkatkan metabolisme. Namun bisa juga metabolisme Anda lambat karena Anda kurang asupan kalori. Paling tidak manusia dewasa harus mengonsumsi 2000 kalori per hari untuk dapat aktif bergerak dan beraktifitas.

  • Sindrom kelelahan akut

Banyak sekali orang yang menderita sindrom ini. Padahal kelenjar tiroid mereka normal, juga asupan makanannya cukup. Sindrom ini dihubungkan dengan stres secara psikologis, fungsi imun yang buruk, masalah hormonal, atau infeksi dalam.

  • Menopause

Pada wanita (juga pria), mendekati usia menopause bisa mendatangkan banyak masalah pada kesehatan tubuhnya, termasuk juga kelelahan yang akut. Ini ada kaitannya dengan perubahan hormon, yang mempengaruhi tingkat energi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda