Scroll to Top

Manfaat Makan Bersama Keluarga

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 09 Oct 2013

family eating

Makan bersama dengan keluarga sepertinya menjadi budaya yang perlahan ditinggalkan. Dengan alasan banyak acara atau sibuk, agenda ini lantas dianggap sepele. Padahal, makan dengan keluarga itu membawa manfaat yang baik untuk kesehatan, mental, dan kemampuan bersosial. Dikutip dari Times of India, berikut ini kebikan yang bisa dperoleh dari aktivitas makan bersama keluarga:

  1. Meredakan stres. Makan bersama pasangan, anak-anak, dan dengan semua penghuni rumah bisa menghilangkan stres di kepala Anda. Suasana hati beralih menjadi ceria dan Anda seolah lupa bahwa sebelumnya mengalami hari yang cukup berat. Keluarga bahagia adalah penawar mujarab untuk menghilangkan kegalauan. Setiap anggota keluarga akan saling terhubung komunikasinya satu dengan yang lain.
  2. Anda akan lebih mampu mengatur porsi makan dan mendapatkan makanan kesukaan. Masakan rumah biasanya dibuat dengan mempertimbangkan faktor selera dari anggota keluarga terhadap sebuah menu. Oleh karena itu, Anda cenderung mendapatkan makanan lezat saat makan bersama keluarga dilakukan. Selain itu, Anda bisa mengatur sendiri porsi makan. Ini penting untuk menghindari makanan sisa atau kelebihan kalori.
  3. Makanan di rumah lebih terjamin higienisnya. Pasalnya, makanan rumah biasanya memakai bahan-bahan segar dan dicuci secara baik. Lebih dari itu, makanan dapat disiapkan berdasarkan zat gizi yang diharapkan memberikan manfaat terbaik bagi kesehatan keluarga. Selain itu, untuk keluarga yang menganut ajaran Islam, makanan rumah lebih bisa dijaga kehalalannya.
  4. Menjalin kekompakan dan keakraban keluarga. Makan bersama keluarga tidak hanya sekadar makan lalu masing-masing meninggalkan tempat seperti di restoran. Seringkali acara tersebut dilanjutkan dengan membersihkan meja makan dan saling membantu membersihkan alat makan. Di antara anggota keluarga pastinya juga makin akrab dan menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda