Scroll to Top

Rahasia Dibalik Keringat Manusia

By C Novita / Published on Wednesday, 09 Oct 2013

manfaat keringat

Tuhan menciptakan setiap bagian tubuh manusia, pasti ada manfaatnya. Termasuk juga keringat yang kerap dikeluhkan karena membuat baju menjadi basah dan bau. Keringat pun mempunyai beberapa manfaat rahasia bagi kesehatan manusia, lho.

Apa saja sih rahasia dibalik keringat manusia tersebut? berikut ini diantaranya:

  • Mendinginkan

Saat tubuh mengalami peningkatan suhu karena aktifitas, keringat bertugas mendinginkan kembali suhu tubuh tersebut. Ada sebuah kelainan yang bernama ectodermal dysplasia, yaitu tubuh seseorang tak bisa mengeluarkan keringat. Orang ini tak boleh berolahraga atau mengalami peningkatan suhu yang tinggi, sebab bisa mengakibatkan kematian.

  • Membersihkan kulit

Keringat yang mengucur melalui pori-pori kulit ternyata membuat kulit jadi bersih. Debu dan kotoran yang menyumbat akan keluar, dan kulit jadi lembab serta cantik.

  • Detoksifikasi

Dalam keringat, peneliti menemukan berbagai komponen termasuk diantaranya zat metal yang beracun dalam jumlah kecil. Jadi, keringat ternyata membantu proses detoksifikasi atau mengeluarkan racun dalam tubuh manusia.

  • Melawan infeksi

Dilansir oleh Kompas, pada cairan keringat ada senyawa nitrit yang berubah menjadi asam nitrit bila mencapai permukaan kulit. Asam nitrit sendiri bersifat antibakteri dan antijamur. Ada pula Dermicidin yang bisa dikatakan sebagai antibiotik alami. Jadi, dengan berkeringat maka resiko bakteri dan jamur menginfeksi tubuh makin sedikit.

  • Menurunkan berat badan

Keringat yang keluar menandakan sistem metabolisme dalam tubuh masih sehat dan lancar. Keringat bisa juga membantu menurunkan berat badan, seperti yang terjadi dalam sauna. Tubuh berkeringat membakar kalori, bukan? Nah, jadi jangan pernah malas berkeringat lagi, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda