Scroll to Top

Bayern Munchen Era Pep Guardiola Menjiplak Gaya Barcelona?

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 10 Oct 2013

Bayern Munchen Era Pep Guardiola Menjiplak Gaya Barcelona

Bayern Munchen bukanlah versi terbaru Barcelona. Demikian yang ditegaskan oleh Arjen Robben. Meskipun banyak yang menyatakan, kehadiran Pep Guardiola membuat Munich mengubah gaya, Robben menegaskan ada perbedaan besar antara timnya dengan klub Catalan.

“Bayern bukanlah Barcelona versi terbaru. Perbandingan antara kami dan Barca cukup logis (karena keberadaan Pep Guardiola), tapi fokus seharusnya pada diri kami sendiri (bukan menjiplak atau meniru tim lain),” cetus Robben.

Sayap Belanda yang duetnya dengan Franck Ribery disebut ‘Robbery’, menegaskan, adanya Pep Guardiola bagaimana pun mempengaruhi gaya juara bertahan Bundesliga. Namun, tentu Muenchen memiliki gaya tersendiri pula.

“Pelatih memiliki filosofi yang jelas dan berusaha menyalurkan filosofi ini kepada para pemain. Dia melakukan hal serupa di Barcelona; dan kini melakukan hal itu pula pada Bayern.”

“Tapi, perlu ditegaskan bahwa filosofi Pep bukanlah gaya Barcelona. Kami melakoni pertandingan dengan cara sendiri, dan tentu saja Pep mempengaruhi gaya kami.”

Untuk menegaskan perbedaan antara sesama juara bertahan di liga domestik masing-masing, Robben kemudian membandingkan isi skuad Bayern Munich dan Barcelona.

“Kami Bayern. Kami memiliki pemain yang berbeda dengan Barca. Di sini, tidak ada Xavi Hernandez atau Lionel Messi. Tapi, kami memiliki beberapa pemain yang tak kalah hebatnya,” cetus Robben.

Sebelumnya, beberapa pihak sempat melontarkan, Bayern terlalu ‘tercemari’ tiki-taka ala Barcelona. Namun, apa pun itu, kini juara bertahan Liga Champions, tengah memuncaki klasemen Bundesliga dengan jarak satu angka dari Borussia Dortmund.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda