Scroll to Top

Blackberry Siapkan Layanan Cloud Lintas Platform

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 10 Oct 2013

BlackBerry Enterprise Service 10

Hampir tiga pekan Blackberry diguncang kabar tak sedap. Mulai isu penjualan hingga BBM lintas platform yang digadang-gadang bakal batal. Namun, ada cerita lain dibalik semua isu tersebut. Blackberry tengah siapkan layanan cloud lintas OS.

Mereka menyebutnya sebagai layanan manajemen perangkat mobile yang berbasis cloud. Karena lintas OS atau platform, maka bisa digunakan di perangkat lain seperti Android dan iOS. Serupa dengan BBM lintas platform namun bukan berwujud sebuah aplikasi pesan instan.

Lantas, apa yang bakal dimanajemen via cloud ini? Dengan layanan tersebut pengguna bisa mengatur email, aplikasi, serta konfigurasi keamanan di tiga platform di atas dari satu tempat saja. Tak hanya bisa digunakan untuk koorporat, layanan ini juga bisa dipakai oleh pengguna pribadi. Tak perlu pengetahuan khusus soal IT dan server untuk menggunakannya.

Sayangnya belum ada kejelasan kabar kapan layanan ini akan meluncur. Blackberry hanya berikan bocoran jika cloud lintas platform mereka akan segera hadir.

Contoh penggunaannya secara sederhana bisa dilihat dari fitur yang bernama App Catalog. Pengguna bisa mendistribusikan, mengatur, dan mengawasi penggunaan aplikasi dari tiga toko aplikasi utama; Google Play, App Store, dan tentu saja Blackberry App World.

Segala aktivitas aplikasi-aplikasi di pelbagai toko aplikasi di atas bisa dikontrol dari layanan cloud ini. Situs Engadget menyebut jika layanan tersebut sebagai Blackberry enterprise cloud service. Namun jangan terjebak dengan istilah ‘enterprise’. Sebab, layanan ini tak hanya bisa digunakan oleh pengguna koorporat saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda